News

1 Syawal 2022 Tanggal Berapa? Catat Tanggalnya untuk Menentukan Mudik

Suara.com – 1 Syawal 2022 tanggal berapa? Pertanyaan tersebut kerap kali banyak ditanyakan oleh masyarakat. Karena kini umat Islam sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan, yang menandakan bahwa sebentar lagi akan memasuki lebaran Idul Fitri 2022. 

Idul Fitri menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim, setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Masyarakat pun mulai bertanya-tanya 1 Syawal tanggal berapa? Karena beberapa orang mulai menentukan jadwal pulang dan mencari tiket untuk mudik lebaran

Lantas 1 Syawal tanggal berapa? Simak penjelasannya menurut Muhammadiyah, Pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) di bawah ini. 

1 Syawal 2022 Tanggal Berapa? 

Baca Juga:
7 Dermaga di Pelabuhan Bakauheni Siap Layani Penyeberangan di Masa Mudik Lebaran 2022

Organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idul Fitri atau lebaran 1443 H. Muhammadiyah menetapakan 1 Syawal jatuh pada tanggal 2 Mei 2022. Penetapan awal bulan Syawal itu bersmaan dengan penetapan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Zulhijah 1443 H. Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. 

Muhammadiyah telah  menetapkannya dalam Surat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah. Melalui surat itu, Muhammadiyah menetapkan Hari Jumat, 1 April 2022 adalah tanggal 29 Sya’ban 1443 H. Kemudian 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu Pon, 2 April 2022. 

Akan tetapi ijtimak baru akan diadakan oleh Muhammadiyah pada Minggu Pahing, 30 Ramadhan 1443 H atau 1 Mei 2022 pukul 03.31 WIB sebagai penentuan final tanggal 1 Syawal. 

Sementara itu, Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan tanggal cuti lebaran yakni pada 2 dan 3 Mei 2022. Meski demikian, pemerintah belum menetapkan secara resmi 1 Syawal tanggal berapa. 

Sama seperti pemerintah, organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) juga belum menentukan tanggal 1 Syawal. Pemerintah dan NU baru akan menetapkan tanggal 1 Syawal 2022 setelah menggelar sidang isbat. Sidang isbat akan digelar pada hari terakhir Ramadhan guna menetapkan  secara pasti masuknya bulan Syawal atau perayaan Idul Fitri 1443 H. 

Baca Juga:
Waspada! Berikut Ini Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalur Mudik Lebaran Wilayah Tangerang

Berdasarkan perhitungan, pemerintah dan NU yang mengawali puasa pada tanggal 3 April 2022. Kemudian jika puasa Ramadhan berjumlah 30 hari, maka kemungkinan besar 1 Syawal akan jatuh pada Selasa, 3 Mei 2022. Namun jadwal tersebut belum pasti, kemungkinan dapat berubah setelah sidang isbat yang digelar pada akhir Ramadhan mendatang. 

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan.
Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan.
Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan
KLIK DI SINI!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close