News

3 Keuntungan Timnas Indonesia Gabung CAFA, Nomor 1 Paling Krusial : Okezone Bola

SEBANYAK 3 keuntungan Timnas Indonesia gabung Federasi Sepakbola Asia Tengah (CAFA) akan dibahas dalam artikel ini. PSSI sendiri masih membuka kemungkinan untuk meninggalkan AFF.

“Jadi setelah ini kita akan diskusikan dengan anggota Exco PSSI untuk membahas untung ruginya kita keluar atau tidak dari AFF. Setelah itu baru kita putuskan,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi mengutip dari laman resmi PSSI.



“Beri kami waktu dulu. Setelah semua clear, pada waktunya kita akan sampaikan kepada publik,” tegas pria asal Gorontalo ini.

Jika benar keluar dari AFF, CAFA bisa jadikan tujuan. Sebab, CAFA dihuni negara-negara top yang rutin meramaikan turnamen-turnamen top Asia, mulai dari kelompok umur hingga senior. Lantas, apa saja keuntungan Timnas Indonesia jika gabung CAFA?

Berikut 3 keuntungan Timnas Indonesia gabung CAFA:

3. Perpindahan Federasi Dipermudah

Timnas Indonesia

CAFA diprediksi takkan mempersulit jika PSSI mengajukan masuk ke federasi mereka. Sebab, CAFA berpengalaman menerima negara pindahan.

Dalam sejarahnya, sudah ada dua negara yang mengajukan pindah federasi ke CAFA. Sebut saja Afghanistan dari Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF) ke CAFA, serta Iran dari Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF) ke CAFA.

2. Anggota CAFA Berkualitas

Timnas Iran

(Timnas Iran, tim terkuat di Asia Tengah)

Semua anggota CAFA memiliki peringkat FIFA yang lebih bagus ketimbang Timnas Indonesia. Mereka ialah Iran yang menduduki 23 dunia, Uzbekistan (77), Kirgiszstan (95), Tajikistan (108), Turkmenistan (135) dan Afghanistan (154). Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Skuad Garuda kini menempati peringkat 155 dunia.

Minusnya, CAFA tidak memiliki turnamen level senior atau Piala AFF senior. Karena itu, jika ingin memperbaiki ranking FIFA, Timnas Indonesia wajib rutin turun di FIFA Matchday dan menembus ajang-ajang besar seperti Piala Asia.

Namun, peluang CAFA menggelar turnamen level senior cukup besar. Sebab, ada sejumlah turnamen yang baru diselenggarakan tahun ini dan itu menunjukan CAFA sedang melakukan perluasan. Sebut Piala CAFA U-16 (kategori Putra), Piala CAFA U-18 Wanita dan Piala CAFA Futsal Wanita.

1. Turnamen Kelompok Umur Lengkap

Timnas Indonesia U-19

Turnamen kelompok umur merupakan kawah candradimuka bagi pemain-pemain muda untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya. Dari turnamen inilah muncul pemain-pemain muda yang nantinya dapat diandalkan di tim senior.

Jika patokannya turnamen kelompok umur, CAFA dapat dijadikan pilihan. Hal itu karena CAFA mempunyai sederet turnamen kelompok umur.

Sebut saja U-15, U-16 dan U-19 (kategori putra). Untuk kategori putri juga kompherensif, mulai dari U-15, U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-23.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.