News

3 Syarat Pemain jika Ingin Dipilih Shin Tae-yong untuk Dinaturalisasi Timnas Indonesia : Okezone Bola

SEBANYAK 3 syarat pemain jika ingin dipilih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) akan dibahas dalam artikel ini. Juru taktik berpaspor Korea Selatan ini menutup pintu rapat-rapat bagi pemain asing Tanah Air yang tertarik dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong mengatakan, pemain yang dinaturalisasi harus memiliki darah Indonesia. Selain itu, juga wajib memiliki skill olah bola mumpuni dan mempunyai rasa tanggung jawab.


Shin Tae-yong

“Untuk dinaturalisasi, pemain itu mesti berdarah Indonesia, memiliki teknik yang bagus, dan bertanggung jawab sebagai pemain tim nasional Indonesia,” kata Shin Tae-yong di Gedung Kemenpora, mengutip dari ANTARA.

Saat ini, Shin Tae-yong menilai baru ada dua pemain yang sesuai dengan kriteria tersebut yaitu Sandy Walsh (Belanda) dan Jordi Amat (Spanyol). Dua pemain tersebut berposisi bek dan nama mereka sudah diajukan ke pemerintah Indonesia via Menpora Zainudin Amali untuk dinaturalisasi.

Sandy Walsh (26 tahun) merupakan bek kanan klub Liga Belgia KV Mechelen. Kemudian, Jordi Amat adalah bek tengah berumur 29 tahun dan membela klub Liga Belgia KAS Eupen.

Jordi Amat dan Sandy Walsh merupakan pemain reguler di tim masing-masing. Mereka memiliki garis keturunan Indonesia dan menunjukan keseriusan untuk menjadi bagian dari skuad Garuda.

“Saya merekomendasikan sekali mereka (Sandy dan Jordi-red) karena menjadi pilihan di tim utama dan performa mereka luar biasa. Saya merasa dua pemain itu akan sangat membantu timnas dan sepakbola Indonesia,” tutur Shin Tae-yong.

Sandy Walsh dan Jordi Amat

(Sandy Walsh dan Jordi Amat segera menjadi WNI)

Menpora Zainudin Amali sepakat dengan pilihan pemain yang diajukan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Zainudin juga sejalan dengan Shin Tae-yong bahwa tidak bisa sembarangan dalam menaturalisasi atlet dalam hal ini sepakbola.

“Pelatih Shin Tae-yong menyampaikan kepada saya bahwa dia tak mau sekadar menaturalisasi pemain, padahal kualitasnya tidak bagus. Jadi mudah-mudahan pemain junior bisa terpacu dengan kehadiran pemain naturalisasi di tim nasional,” kata Menpora.

Sebelumnya, nama Kevin Diks dan Mees Hilgers juga masuk radar untuk dinaturalisasi. Namun, keduanya batal dinaturalisasi karena terhalang restu. Karena itu, menutupi kegagalan mendatangkan dua nama di atas, Shin Tae-yong mengajukan gelandang AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders, untuk dinaturalisasi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close