News

4 Manfaat Olahraga Lompat Tali, Salah Satunya Bantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Suara.com – Bagi yang ingin mulai rutin olahraga dengan cara yang menyenangkan, lompat tali bisa menjadi pilihan. Olahraga lompat tali mudah dilakukan di mana saja serta tidak memerlukan banyak alat pendukung. Manfaat olahraga lompat tali pun juga tidak bisa dianggap remeh.

Lompat tali mendukung hampir semua tujuan kebugaran seperti pengurangan lemak, daya tahan tubuh, dan kekuatan tulang. Melansir dari sejumlah sumber, berikut ini rangkuman dari manfaat olahraga lompat tali bagi tubuh yang perlu diketahui.

Manfaat Olahraga Lompat Tali

1. Membakar Kalori 

Baca Juga:
4 Rekomendasi Olahraga yang Aman saat Pandemi Covid-19, Tertarik Mencobanya?

Anda tidak perlu treadmill selama satu jam untuk mendapatkan latihan kardio yang layak. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa menit lompat tali untuk mendapatkan hasil pembakaran kalori yang sama. 

Ketika menanyakan apakah lompat tali adalah latihan kardio yang baik, Anda akan senang mengetahui bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa lompat tali dapat membantu Anda membakar lebih dari 1.000 kalori per jam. 

Lompat tali dapat mencapai tingkat pembakaran hingga 1.300 kalori per jam aktivitas berat, dengan sekitar 0,1 kalori yang dikonsumsi per lompat. Lompat tali 10 menit setara dengan lari sejauh 8 menit. Dibanding dengan aktivitas lain, lompat tali ini adalah salah satu bentuk olahraga paling efisien untuk membakar kalori. 

Ilustrasi Lompat Tali (freepik)
Ilustrasi Lompat Tali (freepik)

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Lompat tali sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kesehatan lainnya seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, membalikkan kolesterol jahat, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Baca Juga:
Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Manfaat Lompat Tali bagi Kesehatan

Jika Anda mencari alat kardio yang kuat, lompat tali harus ada dalam daftar Anda. Melihat manfaat kardiovaskular dari aktivitas fisik dimulai dengan kira-kira 150 menit latihan intensitas sedang seminggu. 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close