News

5 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut, Pilih Perawatan yang Tepat

Suara.com – Ada banyak perawatan rambut yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Begitu pula soal cara cepat menumbuhkan rambut yang sehat.

Bagaimana cara cepat menumbuhkan rambut agar hasilnya lebih sehat dan kuat? Dilansir dari laman Byrdie, Selasa (19/04/2022), berikut tips menumbuhkan rambut yang lebih sehat.

Pijat Kepala

Salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat adalah melakukan pijat kepala. Kulit kepala yang sehat adalah kunci penting bagi pertumbuhan rambut.

Baca Juga:
Cara Pakai Hair Mask yang Benar, Ikuti 7 Langkah Berikut

Pijat kepala bermanfaat meningkatkan aliran darah, meningkatkan kekuatan akar rambut, dan membantu nutrisi masuk ke folikel rambut lebih cepat. Anda bisa menambahkan minyak esensial kaya nutrisi ke dalam campuran produk hair care untuk digunakan beberapa kali dalam seminggu.

Ilustrasi rokok (pexels) /Irina Iriser/sumaiyah.
Ilustrasi rokok (pexels/Irina Iriser/sumaiyah).

Hindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok bisa memengaruhi kesehatan rambut. Merokok membatasi aliran darah ke kulit kepala dan folikel sehingga berpotensi menghambat oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan rambut. Zat racun dari rokok juga dapat meresap ke dalam folikel rambut dan menyebabkan masalah seperti rambut rontok.

Konsumsi Makanan Sehat

Cara cepat menumbuhkan rambut yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi makanan sehat, termasuk asupan vitamin dan mineral.

Baca Juga:
Lebih Hemat, Begini 4 Tips Merawat Rambut di Rumah ala Salon

Konsumsi banyak lemak sehat seperti omega-3 dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Lemak sehat sangat penting untuk kesehatan rambut karena tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 sendiri. Oleh karenanya, penting untuk mendapatkan lemak ini melalui makanan.

Omega-3 akan menyuburkan folikel rambut untuk memberikan helaian rambut yang kuat dan berkilau. Sumber makanan Omega-3 antara lain ikan salmon, tuna, biji rami, kenari, dan minyak nabati seperti kedelai dan minyak canola.

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut yang Panas

Penting juga untuk mengurangi atau bahkan berhenti menggunakan alat-alat styling dengan suhu panas karena bisa membuat rambut kering dan rapuh.

Jika Anda sedang mencoba menumbuhkan rambut, keringkan rambut cukup dengan diangin-anginkan secara alami. Jika Anda tetap menggunakan alat seperti hair dryer atau menata rambut dengan catok, lapisi rambut dengan semprotan pelindung panas dahulu.

Ilustrasi rambut sehat. (Pexels/Element5 Digital)
Ilustrasi rambut sehat. (Pexels/Element5 Digital)

Hindari Keramas Berlebihan

Keramas berlebihan kerap disebut dapat menyebabkan rambut patah, kering, dan rapuh karena akan menghilangkan minyak alami rambut. Walau begitu, berapa kali Anda harus keramas setiap pekannya bervariasi, tergantung jenis rambut.

Jenis rambut yang lebih tebal dan lebih kasar bisa tidak perlu keramas selama beberapa hari. Sedangkan, jenis rambut yang lebih tipis dan terasa berminyak bisa keramas 3-4 kali dalam sepekan.

Selain itu, pada kasus rambut tipis dan berminyak, produk dry shampoo dapat bekerja dengan sangat baik dalam menyerap minyak berlebih dan menghasilkan helai rambut yang lebih panjang.

Itulah beberapa cara cepat menumbuhkan rambut. Yuk, terapkan tips perawatan rambut di atas!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close