News

5 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Layak Main di Liga Korea Selatan dan Jepang jika PSSI Gabung EAFF, Nomor 1 Punya Skill untuk Main di Luar Negeri : Okezone Bola

PIALA AFF U-19 2022 mungkin sudah berakhir, namun banyak pemain muda yang berhasil menarik perhatian pada ajang diselenggarakan di Indonesia tersebut. Termasuk para pemain dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19.

Banyak yang memuji para pemain Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022. Sayang penampilan apik skuad asuhan Shin Tae-yong itu gagal ke semifinal karena tak bisa lolos dari fase grup.



Beberapa pencinta sepakbola Tanah Air menilai Timnas Indonesia U-19 gagal ke final karena regulasi AFF yang masih menggunakan head-to-head untuk menentukan peringkat dan adanya dugaan sepakbola gajaj di laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19.

Wacana untuk keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) dan pindah ke Federasi Asia Timur (EAFF) pun mengalir deras kepada PSSI. Lantas jika wacana itu benar terjadi, Timnas Indonesia bisa diuntungkan sebab para pemainnya berpotensi bermain di Liga Korea Selatan dan Jepang.

Andai hal tersebut terjadi, maka kira-kira siapa saja yang layak bermain di Liga Jepang dan Korea Selatan?

Berikut 5 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Layak Main di Liga Korea Selatan dan Jepang jika PSSI Gabung EAFF:

5. Cahya Supriadi

Cahya Supriadi

Timnas Indonesia U-19 hanya kebobolan dua gol dari lima laga yang dimainkan di Grup A. Hal itu membuat pertahanan Timnas Indonesia U-19 terbaik kedua setelah Thailand U-19 yang hanya kebobolan satu gol.

Pertahanan yang kuat menjadi alasan lini belakang Timnas Indonesia U-19 sulit ditembus. Selain itu, penampilan apik Cahya Supriadi di bawah mistar gawang pun sangatlah luar biasa.

Beberapa kali Cahya memperlihatkan skill kiper yang luar biasa. Dengan usianya yang masih muda, kiper Persija Jakarta tersebut masih bisa terus berkembang dan mungkin berkesempatan main di Liga Jepang atau Korea Selatan.

4. Rabbani Tasnim

Rabbani Tasnim

Rabbani Tasnim tampil memukau bersama Timnas Indonesia U-19. Awalnya sempat diragukan, Rabbani lantas membuktikan diri dengan memperlihatkan performa apik, terutama saat Timnas Indonesia U-19 melumat Filipina U-19.

Tiga gol mampu diciptakan Rabbani ke gawang Filipina U-19 dan tambahan satu gol lagi saat mengalahkan Myanmar U-19. Dengan ketajamannya, Rabbani mungkin memiliki kesempatan bermain di Korsel dan Jepang.

3. Hokky Caraka

Hokky Caraka

Hokky Caraka dan Rabbani berstatus sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Kedua pemain sama-sama mencetak empat gol selama di fase grup.

Kendati demikian, Hokky nyatanya mampu mencetak keempat golnya di satu laga yang sama, yakni ketika skuad Garuda Nusantara menang besar 7-0 atas Brunei Darussalam U-19. Insting mencetaknya gol terlihat masih bisa dikembangkan, yang berarti ia sangat menjanjikan.

2. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh (Aldhi Chandra/MPI)

Ronaldo Kwateh mungkin hanya mencetak dua gol, namun permainannya sangat layak diapresiasi. Ia selalu tampil ngotot ketika bermain dan pantang menyerah.

Hal itu tentu bisa dimanfaatkan Ronaldo Kwateh jika memiliki kesempatan bermain di Korsel atau Jepang.

1. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan hanya bisa bermain di matchday ketiga, tepatnya saat melawan Thailand U-19 pada ajang Piala AFF U-19 2022. Ia mengalami cedera sehingga tak bisa membantu skuad Garuda Nusantara di dua laga setelahnya.

Padahal, permainan Marselino menjadi salah satu yang disorot banyak pihal. Sebagai seorang gelandang, Marselino tampil sangat baik dan memiliki kemampuan di atas rata-rata. Jadi, Marselino sejatinya memiliki bekal untuk untuk bisa mentas di luar negeri. Toh bersama Persebaya Surabaya pun dirinya sudah menjadi pemain penting di Liga 1 2021-2022.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close