5 Tips Mengatasi Rambut Mengembang, Ketahui Penyebabnya Juga

Suara.com – Rambut mengembang bisa menjadi salah satu kondisi di mana seseorang merasa memiliki bad hair day. Selain membuatnya susah diatur, kondisi ini juga akan bikin rambut tampak lebih kering dan tidak sehat.

Penyebab rambut mengembang sendiri beragam, mulai dari udara sampai kebiasaan styling rambut, beruntungnya masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Dilansir dari laman curl centric, berikut tips mencegah dan mengatasi rambut mengembang.

1. Batasi styling dengan alat panas

Membatasi penggunaan alat panas untuk rambut Anda tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut tetapi juga mencegah rambut mengembang dan tetap halus. Jika Anda harus styling dengan alat yang panas, gunakan gel pelindung panas atau atur suhu ke suhu terendah.

Baca Juga:
Kebiasaan Sehat yang Kerap Luput, 6 Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Ilustrasi mencatok rambut (pexels.com)
Ilustrasi mencatok rambut (pexels.com)

2. Jaga kelembapan rambut

Tidak hanya kulit, rambut juga perlu dijaga kelembabannya supaya tidak mudah mengembang. Selain menggunakan produk pelembap, cobalah untuk tidak terlalu banyak menyentuh rambut karena ini bisa mengurangi kelembapan yang ada. Penggunaan kondisioner juga bisa membuat rambut terhidrasi lebih lama.

3. Bilas rambut dengan air dingin

Cara selanjutnya untuk mencegah rambut mengembang adalah membasahinya dengan air, khususnya air dingin. Pencucian rambut dengan air hangat atau panas akan membuat rambut lebih cepat kering dan mudah mengembang.

5. Pilih handuk yang tepat

Baca Juga:
Khasiat Kayu Manis untuk Rambut dan Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

Meski terdengar sederhana, mengeringkan rambut dengan handuk yang tidak tepat juga bisa membuatnya mengembang lebih cepat. Disarankan untuk memakan handuk microfiber kecil dan tidak menggosoknya terlalu keras melainkan menepuk-nepuk bagian rambut basah. Hindari memakai handuk berbahan katun karena akan membuat kekeringan yang berlebihan.

Penyebab Rambut Mudah Mengembang

Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff
Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff

1. Rambut kering

Penyebab paling umum rambut mudah mengembang adalah kondisi yang kering. Rambut kering yang parah bisa dilihat dari ujung bercabang. Jika hal ini sudah terjadi, segera lakukan perawatan khusus.

2. Mencuci rambut terlalu sering

Setiap kali mencuci rambut, minyak alami akan secara otomatis ikut tersapu. Jadi jika Anda mencuci rambut setiap hari, ini akan membuatnya cepat kering dan mengembang. Oleh karena itu, cukup rambut sebanyak 2-3 hari sekali.

3. Cuaca

Ketika cuaca di luar lembap dan rambut Anda tidak cukup lembap, kutikula rambut akan membengkak dan mulai berubah bentuk sehingga menyebabkan puffiness. Ketika ada angin kencang, rambut Anda mungkin akan berserakan dan membuatnya mengembang.

4. Styling

Terlalu banyak memberikan bahan kimia ke rambut seperti saat mewarnai, keriting, dan sebagainya juga bisa jadi penyebab rambut mudah mengembang. Ini karena adanya kerusakan pada kutikula dan struktur rambut. Jadi, pertimbangkan kembali ketika akan melakukannya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



Source link

5 Tips Mengatasi Rambut Mengembang, Ketahui Penyebabnya Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top