News

Antisipasi Gunung Anak Krakatau Siaga III, BMKG Bakal Perkuat Jaringan Komunikasi di Area Blank Spot : Okezone Nasional

JAKARTA – Kepala BMKG, Dwikorita mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kominfo dan pihak terkait lainnya guna memperkuat jaringan komunikasi di wilayah blank spot sebagai antisipasi meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Tentang jaringan komunikasi memang kesulitan di komplek GAK, ada blank spot meskipun ada alat tapi sinyal tak ada sehingga tak bisa mengirimkan informasi. Nah, ini dalam fase kesiapsiagaan, BMKG bersama Kominfo, Telkomsel, PT Bakti, AKP sedang menyiapkan, akan memasang visa satelit, bahkan ke depan barang kali diperkuat dengan sistem lainhya yg lebih kuat disana,” ujarnya melalui zoom meeting, Senin (25/4/2022).



 BACA JUGA:Aktivitas Gunung Anak Krakatau Siaga III, BMKG Minta Pemda Cek Rencana Evakuasi

Menurutnya, saat ini aktivitas GAK masih dalam level kesiapsiagaan, yang mana berarti menyiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan terburuk yang harus dilakukan dari aktivitas GAK. Disamping itu, fase itu merupakan pemberian informasi pada semua pihak, seperti pengelola pelayaran, pengelola hotel, dan masyarakat sekittar untuk mulai bersiap siaga, termasuk menyiapkan jalur evakuasi hingga tempat evakuasi, tapi belum pada tahap evakuasi.

“Apakah harus ada dievakuasi, seperti di Pulau Sebesai, jadi waspada ini masih level kesiapsiagaan, bukan pada level evakuasi, bukan sama sekali. Kemudian, potensi tsunami juga belum ada evakuasi tsunami, tapi persiapan (menghadapi) tsunami,” tuturnya.

 BACA JUGA:Ahli Tsunami Sebut Peningkatan Aktivitas Gunung Anak Krakatau Wajib Diwaspadai

Dia menerangkan, level kesiapsiagaan itu merupakan persiapan menghadapi potensi bencana, seperti jalur evakuasi, rambu, dan shelter yang mungkin sudah hilang, rusak, atau kotor karena lama tak dipakai bisa dicek membali untuk diperbaiki dan dibersihkan oleh BPBD dan pemerintah setempat serta masyarakat. Semua jalur dan tempat evakuasi sejatinya sudah ada, hanya tinggal dicek kembali guna memastikan bisa dioperasikan dengan baik.

“Jadi ini fase persiapan meskipun nantinya belum tentu terjadi, jangan menyesal kalau sudah disiapkan tak terjadi, justru Alhamdulillah tak terjadi. Namun,. kalau tak siap lalu terjadi kita akan sangat menyesal, jadi poinnya disana ini kesiapsiagaan, belum ada evakuasi,” pungkasnya.


(wal)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close