News

Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong, Salah Satunya Asam Lambung!

Sukabumi.suara.com – Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman wajib saat pagi hari. Banyak penggemar minuman pahit ini yang mengonsuminya bersamaan dengan kegiatan sarapan.

Namun tak banyak yang paham atau tahu, jika sebenarnya meminum kopi harus didahului dengan kondisi perut yang sudah terisi atau sudah sarapan. Karena jika tidak, dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Apa saja masalah kesehatan yang dimaksud? Berikut 3 di antaranya”

1. Dehidrasi

Baca Juga:Dieng Culture Festival 2022 Kembali Digelar Usai 2 Tahun Absen

Meminum kopi sebelum perut terisi akan menimbulkan masalah dehidrasi. Tubuh akan kekurangan cairan karena adanya peningkatan buang air kecil. Mengutip Halodoc, dr. Rizal Fadhil mengatakan bahwa kondisi tersebut berlangsung karena kafein pada kopi akan meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Seseorang mengalami dehidrasi jika timbul gejala menghilangnya keelastisitasan kulit, urin berwarna gelap, urine memiliki aroma yang pekat, sertra denyut jantung yang lebih cepat dan pusing di kepala.

2. Asam lambung yang naik

Seseorang yang meminum kopi sebelum perut terisi akan mengalami kenaikan asam lambung sehingga perut akan terasa begah, mulas, dan adanya gangguan pencernaan sepanjang hari.

Asam lambung merupakan cairan bersifat korosif kuat, yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa adanya makanan yang dikonsumsi sebelumnya akan merusak lapisan lambung, terutama jika adanya paparan secara berulang.

Baca Juga:Tips Agar Wanita Tertarik Sama Kamu, Simak 4 Cara Ini

3. Meningkatnya kadar hormon stres

Menurut penjelasan dr. Merry Dame Cristy pada lama Alodokter, hormon kortisol atau hormon stres akan mengalami peningkatan saat bangun tidur dan pada fase awal tidur.

Hormon kortisol ini juga yang berfungsi untuk mengatur suasana hati, rasa takut seseorang, dan juga motivasi. Selain itu, hormon ini akan mengatur sistem metabolisme serta tekanan darah dan kadar gula pada darah.

Hal yang dapat ditimbulkan akibat meningkatnya hormon kortisol yaitu hipertensi, diabetes, gangguan tidur sampai dengan gangguan suasana hati.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.