News

Bank-bank di Eropa Bersiap Hadapi Serangan Siber Hacker ‘Sewaan Rusia’

Suara.com – Bank Eropa bersiap menghadapi gelombang serangan siber yang diklaim disponsori Rusia ketika ketegangan dengan Ukraina meningkat.

Dua sumber yang identitasnya dirahasiakan itu menyebut, persiapan dilakukan regulator keuangan Eropa terhadap dampak finansial dari setiap konflik.

Konflik antara Rusia dan Ukraina telah mengguncang para pemimpin politik dan bisnis Eropa yang khawatir invasi menimbulkan kerusakan di seluruh kawasan Eropa.

Awal pekan ini, Presiden Prancis Emmanuel Macron berangkat dari Moskow ke Kiev dalam upaya untuk bertindak sebagai mediator setelah Rusia mengumpulkan pasukan di dekat Ukraina.

Baca Juga:
Kenaikan Inflasi Hingga Ketegangan Rusia-Ukraina Bikin Investor Berburu Emas

Saat ini Bank Sentral Eropa (ECB) waspada terhadap ancaman serangan dunia maya yang diluncurkan dari Rusia terhadap bank-bank, kata dua sumber terkait.

Sementara regulator Eropa fokus pada aksi-aksi penipuan biasa yang berkembang pesat selama pandemi, krisis Ukraina telah mengalihkan perhatian ke serangan dunia maya yang diluncurkan dari Rusia, kata seorang sumber.

Dia juga mengatakan bahwa ECB telah menanyai bank-bank tentang pertahanan siber mereka.

Bank-bank (di Eropa) sedang memainkan simulasi perang siber untuk menguji kemampuan mereka menangkis serangan siber, kata sumber itu.

ECB, yang memilih untuk mengatasi kerentanan keamanan siber sebagai salah satu prioritasnya, telah menolak berkomentar. Namun, kekhawatiran ECB tentang serangan dunia maya itu terlihat di seluruh dunia.

Baca Juga:
Macron-Putin Bertemu, Rusia Akhirnya Sepakat Tak Lakukan Manuver Dekat Ukraina

“Departemen Layanan Keuangan New York pada akhir Januari 2022 mengeluarkan peringatan kepada lembaga-lembaga keuangan tentang serangan siber pembalasan jika Rusia menyerang Ukraina dan memicu sanksi AS,” kata  Intelijen Regulasi Thomson Reuters.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close