News

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memutuskan Pelihara Hamster

Poptren.suara.com – Kalau kamu telah memutuskan untuk memelihara hamster, maka penting bagimu mengetahui cara memilih hamster yang tepat, makanannya dan tentu bagaimana cara merawat hamster yang benar.

Tidak dipungkiri, sebagian orang yang memelihara hamster pertama kali justru tidak memperhatikan hal-hal penting tentang hamster. Akhirnya, hamster mati akibat buruknya perawatan. Memang cara merawat hamster tidak serumit yang lain. Kenyamanan bagi hamster menyumbang kebahagiaan bagi mereka.

Dilansir dari The Spruce Pets, ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan memelihara hamster, yaitu :

1. Memilih Hamster

Sama seperti kucing dan anjing, hamster memiliki ras yang berbeda antara hamster yang satu dengan yang lain.

Binatang yang biasanya hidup sampai dua tahun ini, memiliki ciri khas sesuai rasnya. Misalnya jenis ras hamster China. Banyak yang mengira kalau hamster ini adalah hamster kerdil. Padahal tidak demikian.

Atau hamster Dwarf. Mereka memang mirip dengan ras China tetapi jumlahnya lebih jamak ditemukan. Selain keduanya, ada hamster Syria yang tubuhnya lebih besar dari ras China dan Dwarf. Bahkan mereka memiliki banyak variasi warna.

2. Kesehatan Hamster

Tidak semua hamster yang kamu beli di toko hewan memiliki kesehatan yang optimal. Kadangkala, perpindahan dari toko menuju pemilik baru rentan membuat hamster stres. Tak jarang dari mereka yang sakit akibat kesulitan beradaptasi.

Kamu bisa menghindari hal ini saat berada di toko hewan. Jangan pilih hamster yang bagian belakangnya basah dan matanya berair. Pilihlah hamster yang aktif di kandang, bisa makan dan pastikan di dalam kandang itu, tidak ada hamster yang sakit. Sebab jika satu hamster sakit, maka akan menular pada yang lain.

3. Kandang dan Perlengkapan

Ada banyak pilihan kandang yang dengan mudah kamu temukan, terutama di aplikasi online. Untuk itu, penting bagimu untuk memperhatikan fungsinya alih-alih yang tampak keren semata.

Sesuaikan kandang berdasarkan ras hamster yang kamu pilih. Misalnya, kamu memelihara hamster ras Syria. Tentu saja kandangnya harus lebih besar dari kandang ras China. Begitupula dengan perlengkapan mainan di dalam kandang. Utamakanlah manfaat bagi hamster daripada tampilan semata.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Yoursay.id

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.