News

Berbincang dengan Ainun Najib, Jokowi: Pulang Aja, di Sini Ada Semua : Okezone Nasional

JAKARTA – Head of Analytics, Platform and Regional Bussiness Grab Singapura Ainun Najib berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ainun pun buka-bukaan soal banyaknya talenta digital asal Indonesia yang masih belum mau kembali ke Indonesia.

Ainun mengatakan, ada dua kunci yang harus diselesaikan Pemerintah Indonesia agar para talenta digital asal Indonesia mau pulang kembali ke Indonesia.



“Kuncinya dua mawon Pak, opportunity dan stability. Opportunity ini tentu Indonesia punya banyak sekali opportunity sebagai satu dari pemain besar di market terbesar ketiga di dunia, Southeast Asia,” ujar Ainun dalam peresmian Sea Labs Indonesia secara daring, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga: PBNU Sudah Komunikasi dengan Ainun Najib, Bagaimana Hasilnya?

Terkait stabilitas, kata Ainun, banyak talenta digital Indonesia yang memilih berkarir ke luar negeri karena beberapa pertimbangan. Salah satunya pendidikan, bahkan Ainun sempat menyinggung pendidikan yang ditempuh anak Jokowi.

“Nah, stability ini mungkin yang agak tricky. Ada yang mungkin karena pertimbangan keluarga, ada yang pertimbangan stabilitas karir terus kalau saya pribadi pertimbangan pendidikan anak-anak, nggak mau kalah dengan putra-putra jenengan Pak sekolah di Singapura. Jadi stability itu yang mungkin masih perlu diperbaiki di Indonesia,” ungkapnya.

Ainun menegaskan, peran diaspora Indonesia yang selalu memberikan inspirasi dan referensi serta melakukan inisiatif bagi Indonesia meskipun bekerja di luar negeri.

“Misalnya, kawal-kawalan itu kan sebetulnya semuanya anak diaspora yang cinta Tanah Air, walaupun fisiknya tidak bisa kembali tapi hatinya selalu bersama Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:  Dukung Langkah Jokowi, LaNyalla: Ilmuwan Harus Diapresiasi Agar Pulang ke Indonesia Tak Sia-Sia

Menanggapi itu, Jokowi tetap keukeuh agar para praktisi teknologi dapat pulang kembali ke Indonesia untuk mengabdi. Dan bersama-sama membangun ekosistem teknologi dalam negeri.

“Jadi harapan saya, pulang semua aja lah, pulang. di sini sudah banyak, ada opportunity perusahaan-perusahaan gede ada di sini semua,” kata Jokowi.


(Ari)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.