News

Biar Tak Bising, Ini 5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel : Okezone Otomotif

ADA beberapa cara menghaluskan suara mobil mesin diesel supaya tidak bising. Tentu saja suara yang dihasilkan dari mesin diesel lebih berisik, kadang bisa mengganggu pengendara.

Setidaknya ada dua jenis mesin kendaraan yang dapat diketahui yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Di Indonesia sendiri mesin bensin menjadi favorit dan digunakan banyak orang. Berbeda di negara-negara Eropa mesin diesel masih banyak digunakan pada kendaraan di negara tersebut.

Meski menjadi mesin yang tidak difavoritkan karena suaranya yang terlalu bising, ternyata ada beberapa keuntungan menggunakan mesin diesel. Keuntungan menggunakan mesin diesel antara lain lebih hemat BBM, perawatan lebih mudah, serta ramah lingkungan.

 BACA JUGA:Harga BBM Mau Naik, Ini 6 Trik Jitu Menghemat Bahan Bakar Mobil Matic

Ada beberapa cara menghaluskan suara mobil mesin diesel yang terlalu bising dan mengganggu.

Cara Menghaluskan Suara Mobil Mesin Diesel

Bagi pemilik mobil mesin diesel tak perlu khawatir, kali ini Okezone telah merangkum beberapa cara supaya suara mobil mesin diesel menjadi halus.

1. Tambahkan Aditif Oli

Menambahkan oli aditif ke dalam oli mesin diesel sangat baik untuk mengurangi gesekan antara logam di dalam mesin yang menjadi penyebab utama kebisingan. Anda juga bisa melakukan ganti oli secara berkala. dengan mengganti oli kotoran didalam mesin dapat keluar dengan sempurna.

 Ilustrasi

2. Pasang Peredam Suara atau Peredam Audio

Anda bisa memasang peredam kabin pada berupa lembaran yang ditempel atau disemprotkan seperti pada plat mobil, lantai kabin atau di balik kap mesin. Selain itu anda juga bisa menambahkan peredam pada pintu-pintu supaya suara bising tidak keluar.

 BACA JUGA:10 Daftar Mobil Klasik Yang Paling Dicari di Dunia, Harganya Nggak Masuk Akal

3. Mencari Sumber Suara Kebisingan

Sebelum kita dapat mengambil tindakan lebih lanjut, pertama-tama kita perlu mencari tahu dari mana sumber kebisingan itu berasal. Suara kebisingan bisa berbeda-beda tergantung letak kerusakan. Misalnya karena plat bodi terlalu tipis sehingga tidak bisa menahan suara bising yang masuk.

Suara bising bisa masuk melalui sela yang terdapat pada sambungan plat bodi atau lubang-lubang kabel yang terhubung ke ruang kendaraan.

4. Tune up Mobil atau Penyetelan Ulang

Jika suara mesin mobil diesel begitu bising cobalah untuk mengecek apakah ada kotoran pada sistem pembakaran yang menimbulkan masalah pada mobil. Kotoran yang menyumbat ini akan menimbulkan suara bising dan membuat performa mobil menurun.

Lakukanlah tune up mesin diesel mobil secara menyeluruh. Pastikan tidak ada satu bagian pun yang terlewat di tune up apalagi bagian EGR.

5. Melakukan Flushing AC Mobil

Cara selanjutnya untuk menghaluskan suara mesin diesel adalah dengan melakukan flushing AC mobil. Suara bising mobil diesel ini bisa berasal dari kompresor Ac mobil karena adanya gram-gram besi. Dengan flushing AC gram-gram besi akan diangkat untuk mencegah kebisingan.

Nah itulah cara menghaluskan suara mobil mesin diesel.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.