News

Biaya Bahan Baku Tinggi, Produsen Pupuk SAMF Perpanjang Jatuh Tempo Dana Talangan : Okezone Economy

JAKARTA – Produsen pupuk PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) mengumumkan perpanjangan masa pembayaran utang dana talangan dari para pemegang saham pendiri.

Direktur SAMF Dadang Suryanto mengatakan bahwa harga bahan baku pupuk NPK untuk perkebunan kelapa sawit (CPO) mengalami kenaikan sejalan dengan tingginya permintaan produksi pupuk.

Hal ini membuat perseroan perlu segera mengunci kontrak pengadaan bahan baku baik dalam bentuk down payment (DP) maupun pembayaran lunas.

 BACA JUGA:Laba Bersih SMF Rp460 Miliar, Salurkan Pinjaman Rp8,8 Triliun di 2021

“Berhubung proses pencairan kredit dan/atau penambahan fasilitas modal kerja dari pihak perbankan membutuhkan waktu yang cukup lama, maka diperlukan dana talangan segera (bridging financing) dari para pemegang saham (founder),” kata Dadang, dalam Keterbukaan Informasi, Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Minggu (17/4/2022).


Sebelumnya SAMF menandatangani perjanjian pinjam-meminjam dengan para pendiri perusahaan pada 13 Desember 2021.

Nilai transaksi pinjaman adalah mencapai Rp40,5 miliar, dengan rincian atas nama Agnes Martaulina Dwi Saraswanti Haloho Rp27 miliar, atas nama Noegroho Hari Hardono Rp9 miliar, dan atas nama Yahya Taufik Rp4,5 miliar.

 BACA JUGA:Di Webinar MNC Sekuritas, SAMF Beberkan 6 Strategi Jitu Panen Cuan Bisnis Pupuk

Adapun utang ini memiliki bunga sebesar 7,5% per tahun, dengan tambahan waktu pengembalian pinjaman dari 4 bulan menjadi 6 bulan. Kesepakatan baru ini termuat dalam Addendum perjanjian yang diterbitkan pada 12 April 2022.

“Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan perseroan dan juga pihak pemodal, sehingga secara definisi transaksi afiliasi ini tidak mengandung benturan kepentingan. Perseroan juga bisa segera menutup kontrak dengan pihak pemasok bahan baku untuk menjamin keamanan pasokan,” pungkas Dadang.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close