News

Cara Jaga Hidrasi Tubuh Saat Cuaca Panas, Konsumsi Buah Berair dan Kandungan Elektrolit Tinggi

Suara.com – Menjaga asupan air merupakan salah satu cara untuk tetap sejuk di saat cuaca sedang panas. Sebab, kekurangan air di dapat menyebabkan tubuh lelah dan lesu.

Penderita The Sassy Dietitian sekaligus ahli diet Laura Ligos menjelaskan bahwa makan makanan dengan jumlah air yang tinggi secara alami, seperti semangka dan mentimun, dapat mengisi kembali cairan tubuh.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merokomendasikan untuk minum satu gelas air 8 ons setiap 15 hingga 20 menit ketika melakukan aktivitas fisik di hari yang panas, setara dengan sekitar 1 liter setiap jam.

Makanan yang mengandung elektrolit menjaga tubuh berfungsi dengan baik

Baca Juga:
Dinilai ‘Ajaib’, Minuman Ini Bisa Mengurangi Asupan Kalori hingga 250 Lebih Dalam Sehari

“Elektrolit penting dikonsumsi pada hari yang panas karena membantu menjaga fungsi penting tubuh seperti pernapasan, gerakan otot, dan pencernaan,” sambung Ligos, dikutip dari Insider.

Natrium, kalium dan magnesium adalah tiga elektrolit yang paling penting untuk dikonsumsi setiap hari.

ilustrasi buah pisang (Pixabay)
ilustrasi buah pisang (Pixabay)

Makanan yang mengandung garam laut juga dapat membantu tubuh mendapat cukup natrium.

Sementara untuk buah, Ligos menyarankan untuk mengonsumsi pisang yang merupakan sumber potasium. Sayuran berdun gelap juga kaya akan magnesium.

“Sebagian besar buah dan sayuran mengandung elektrolit cukup untuk kebutuhan harian. Semakin segar bua atau sayurannya, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya,” imbuh Ligos.

Baca Juga:
Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Karbohidrat

Asupan elektrolit harian yang direkomendasikan adalah 4.700 miligram potasium, 420 miligram magnesium untuk pria dan 320 miligram magnesium untuk wanita.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.