News

Dampak Invasi, FIFA Tak Izinkan Bendera dan Lagu Kebangsaan Rusia Digunakan dalam Pertandingan : Okezone Bola

FEDERASI Sepakbola Dunia (FIFA) mengambil sikap tegas kepada Rusia. FIFA tidak mengizinkan bendera dan lagu kebangsaan Rusia digunakan dalam sebuah pertandingan internasional.

Sebagaimana diketahui, invasi Rusia ke Ukraina kian memanas. Hal itu terjadi setelah Negeri Beruang Merah itu melancarkan serangan ke wilayah Ukraina pada pertengahan pekan lalu.


Timnas Rusia

Perbuatan kejam itu mendapat kecaman dari berbagai pihak, termasuk dari dunia sepakbola. Kali ini, giliran FIFA mengutuk perbuatan Rusia, dengan memberi hukuman kepada Federasi Sepakbola mereka.

Dikutip dari laman resmi FIFA, Senin (28/2/2022), federasi tertinggi sepakbola dunia itu mengatakan bahwa semua tim yang tergabung dalam Persatuan Sepakbola Rusia tidak boleh mengibarkan bendera serta mengumandangkan lagu kebangsaan mereka dalam pertandingan yang mereka ikuti.

Kemudian, FIFA juga menjelaskan bahwa semua kompetisi internasional yang dimainkan di wilayah Rusia dengan status pertandingan kandang, wajib dimainkan di wilayah netral dan tanpa penonton. Semua anggota yang mewakili sepakbola Rusia harus menggunakan nama “Football Union of Russia (RFU), bukan “Rusia”.

FIFA juga sedang melakukan dialog dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) dan organisasi olahraga lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk menentukan tindakan atau sanksi tambahan, termasuk kemungkinan pengecualian dari kompetisi kepada Rusia, jika situasinya tidak kunjung membaik. FIFA juga menegaskan bahwa Biro Dewan FIFA tetap bersiaga mengambil keputusan lanjutan ke depannya.

Timnas Rusia

Selain FIFA, Federasi Sepakbola Inggris (FA) juga membuat pernyataan soal Rusia. Mereka mengungkapkan bahwa Tim Nasional (Timnas) Inggris tak akan bertanding dengan Timnas Rusia dalam kompetisi apapun, sampai waktu yang belum ditentukan.

Konflik antara Rusia dan Ukraina itu memang sangat berdampak besar dalam dunia sepakbola. Salah satunya tindakan UEFA memindahkan partai final Liga Champions 2021-2022 dari Gazprom Arena di Saint Petersburg, Rusia ke Stade de France di Paris, Prancis karena alasan keamanan.

Tampaknya Rusia akan terus mendapat kecaman lagi dari berbagai pihak. Pasalnya, mayoritas penduduk dunia sangat tidak setuju dan mengutuk perlakuan kejam mereka kepada Ukraina.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.