News

Daun Rosemary dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Poptren.suara.com – Seperti herbal lainnya yaitu oregano, thyme, basil, dan lavender, rosemary tentu sudah tidak asing didengar namanya. Awalnya rosemary ditemukan di mediterania yang merupakan habitat aslinya. Kini rosemary juga telah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Dalam dunia kuliner, rosemary sering dijadikan bumbu tambahan pada steak karena memiliki aroma yang khas. Dapat juga diolah menjadi teh ataupun minyak karena kandungan zat besi, kalsium, serta vitamin B6 yang penting untuk metabolisme tubuh.

Melansir laman Healthline.com, berikut manfaat rosemary bagi kesehatan, seperti :

1. Anti Inflamasi dan Kanker

Baca Juga:Jarang yang Tahu! Ternyata Manfaat Daun Belimbing Wuluh Ada Banyak, Simak Ini

Memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu mengatasi berbagai peradangan pada tubuh. Berperan pula dalam mengatasi serangan radikal bebas yang menjadi pemicu utama terjadinya kanker. Berdasarkan hasil Penelitian yang dalam Oncology Report, menemukan bahwa crude ethanolic rosemary extract dapat memperlambat penyebaran leukemia dan sel karsinoma payudara.

Sedangkan pada studi lain yang diterbitkan dalam Biotechnology and Biochemistry, rosemary berpotensi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-tumor yang baik. Dalam Journal of Food Science, dengan menambahkan ekstrak rosemary ke dalam steak daging sapi akan mengurangi pembentukan sel – sel penyebab kanker.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Menurut penelitian yang diuraikan dalam Therapeutic Advances in Psychopharmacology, aroma dari rosemary dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, dan akurasi saat melakukan suatu pekerjaan ataupun ketika sedang belajar. Penelitian lain dari Journal of Psychopharmacology menyebutkan bahwa mengonsumsi teh rosemary mampu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa.

3. Perlindungan Neurologis

Baca Juga:6 Manfaat Kurma Muda, Salah Satunya Membantu Persalinan Lebih Mudah

Para ilmuwan telah menemukan fakta bahwa rosemary berpotensi untuk melindungi otak karena mengandung asam carnosic yang dapat melawan kerusakan akibat serangan radikal bebas di otak.

Beberapa penelitian pra klinis mengidentifikasi bahwa rosemary mungkin berguna bagi orang yang memiliki riwayat penyakit stroke dengan mencegah terjadinya kerusakan otak serta mempercepat proses pemulihan.

4. Mencegah Penuaan Otak

Studi dari Journal of Medicinal Food, menyebutkan bahwa rosemary memiliki peran penting untuk meningkatkan fungsi kognitif para lansia. Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, ekstrak daun rosemary berpotensi untuk mengobati serta mencegah penyakit demensia.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Yoursay.id

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.