News

Diskusi Penting antara Presiden AS Joe Biden dengan Raja Salman dan Pangeran MBS di Arab Saudi : Okezone News

RIYADH – Presiden AS Joe Biden tiba di Arab Saudi kemarin, ini menjadi pemberhentian terakhir dalam tur Timur Tengah pertamanya sebagai pemimpin Amerika Serikat.

Dikutip dari Arab News, dalam pidatonya Joe Biden mengatakan dia telah mengadakan diskusi penting dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.



Dia memuji peran yang dimainkan Kerajaan dalam ‘stabilisasi’ Yaman dan dukungannya terhadap gencatan senjata yang ditengahi PBB.

“Saya setuju dengan kepemimpinan Saudi untuk memperdalam dan memperluasnya,” ungkap Joe Biden, Jumat (15/7/2022).

Biden mengumumkan bahwa pasukan penjaga perdamaian di Tiran dan Sanafir akan meninggalkan posisi mereka, yang katanya akan berkontribusi pada pengembangan pulau-pulau itu untuk investasi dan pariwisata.

Dia menambahkan bahwa kebutuhan keamanan Arab Saudi dan masalah energi global juga dibahas, termasuk kerja sama inisiatif energi bersih.


Biden tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di kota pelabuhan Laut Merah Jeddah pada hari ketiga dari perjalanan empat hari melintasi Timur Tengah, saat itu ia diterima oleh Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al-Faisal dan duta besar Saudi untuk AS Putri Reema binti Bandar Al Saud.

Dia kemudian bertemu dengan Raja Salman, keduanya meninjau hubungan historis antara Arab Saudi dan AS dan cara memperkuat mereka untuk melayani kepentingan kedua negara di berbagai bidang, lapor kantor berita resmi Saudi Press News.

Dia menghabiskan dua hari pertama bertemu dengan pejabat Israel dan melakukan perjalanan ke Tepi Barat pada hari Jumat untuk bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan lainnya sebelum terbang ke Arab Saudi.

Biden juga bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Istana Al-Salam, mereka juga membahas aspek kerja sama bilateral di sejumlah bidang, dan cara menghadapi tantangan regional dan internasional.

Pembicaraan tersebut dihadiri oleh Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman, Menteri Olahraga Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef, Menteri Dalam Negeri Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif, Duta Besar Saudi untuk AS Reema binti Bandar Al Saud, dan Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan, bersama sejumlah pejabat senior lainnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan, dan utusan AS untuk Yaman Tim Lenderking.

Biden juga akan mengambil bagian dalam pertemuan Sabtu para pemimpin dari Dewan Kerjasama Teluk – Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan UEA – sebelum kembali ke Washington. Para pemimpin negara tetangga Timur Tengah Mesir, Irak dan Yordania juga akan hadir.

Kepemimpinan Saudi membuka jalan bagi pesawat-pesawat Israel untuk menggunakan wilayah udaranya dengan mengumumkan pencabutan pembatasan pada “semua operator,” sebuah langkah yang disambut oleh Biden sebagai “bersejarah.”

“Keputusan Arab Saudi dapat membantu membangun momentum menuju integrasi lebih lanjut Israel ke kawasan itu, termasuk dengan Arab Saudi,” kata pemimpin AS itu.

Penerbangan langsung Biden adalah yang pertama oleh seorang presiden Amerika dari Israel ke Arab Saudi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close