Gaji PNS Tahun Depan Jadi Tanda Tanya, Begini Bocoran dan 5 Fakta Menariknya : Okezone Economy

JAKARTA – Bocoran terbaru nasib Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2023. Gaji naik hingga fakta sebenarnya.

Diketahui, pemerintah sudah sejak lama dikabarkan akan menaikkan gaji pokok PNS di tahun 2023.

Berikut fakta bocoran terbaru nasib Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2023 yang dirangkum di Jakarta, Minggu (21/8/2022).

1. Naik Gaji?

Diketahui, pemerintah sudah sejak lama dikabarkan akan menaikkan gaji pokok PNS di tahun 2023.

Baca Juga: Segini Gaji Guru PNS untuk Golongan I sampai IV

Berdasarkan catatan Okezone, Selasa (16/8/2022), kenaikan gaji PNS sejalan dengan rencana pemerintah yang akan memulai reformasi birokrasi untuk mendukung pola kerja baru yang efektif dan efisien.

2. Memanfaatkan Teknologi Digital

Di mana, pemerintah akan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, serta kualitas pelayanan publik.

Baca Juga: Nasib PNS di 2023, Gaji Naik?

Diketahui, pemerintah terakhir kali menaikkan gaji PNS pada 2019.

3. Menaikkan Gaji PNS Sekitar 5%

Adapun Presiden Jokowi menaikkan gaji PNS sekitar 5%. Jumlah tersebut bervariasi tergantung golongan dan lama masa bakti PNS.

Namun, saat pidato kenegaraan yang membahas Nota Keuangan 2023, Presiden Jokowi tidak menyinggung soal kenaikan gaji PNS.

4. RAPBN 2023

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Belanja Negara dalam RAPBN 2023 direncanakan sebesar Rp3.041,7 triliun.

“Yang meliputi, belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp2.230,0 triliun, serta Transfer ke Daerah Rp811,7 triliun,” ujar Jokowi dalam Pidato Nota Keuangan 2023 di Jakarta.

Untuk rinciannya, di mana kesehatan direncanakan sebesar Rp169,8 triliun, atau 5,6% dari belanja negara.

Adapun untuk anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya, dan dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan.

5. Nasib Pegawai Honorer

Tenaga honorer akan dihapus di semua instansi pemerintah baik pusat maupun daerah pada 2023.

Dengan demikian, status pegawai pemerintah hanya akan ada dua, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengatakan, pemerintah hanya akan fokus merekrut PPPK pada 2022.

“Untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini (2022), formasi untuk CPNS tidak tersedia,” ujar Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam keterangan resminya belum lama ini.

Sementara, untuk memenuhi tenaga kebersihan dan keamanan, instansi pemerintah bisa merekrut pekerja melalui outsourching. 

Source link

Gaji PNS Tahun Depan Jadi Tanda Tanya, Begini Bocoran dan 5 Fakta Menariknya : Okezone Economy

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top