News

Gejala Kanker Darah yang Perlu Diwaspadai

Poptren.suara.com – Seperti yang kita tahu, kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Ada banyak jenis kanker yang bisa kita jumpai. Mulai dari kanker otak, mulut, payudara, bahkan kanker darah. Kanker darah adalah kanker yang paling sering kita dengar, dari penyebab, gejala hingga efeknya.

Kanker darah memiliki sejumlah gejala. Pada dasarnya, gejala pada kanker darah sulit untuk dikenali karena tidak memiliki ciri-ciri yang khas. Akan tetapi, hal ini perlu kamu perlu waspada akan setiap perubahan tubuh yang kamu alami guna mendeteksi penyakit ini.

Dirangkum dari laman hellosehat.com, berikut ini adalah sejumlah gejala yang perlu kamu waspadai.

1. Darah sulit membeku

Baca Juga:Merayakan HUT ke-77 RI, Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan Tahun 2022 di Gedung Sarinah Mulai Dibuka

Pertama yang harus kamu tahu adalah, kanker darah sendiri terjadi karena sel-sel kanker menyerang trombosit darah yang penting untuk proses pembekuan darah.

Inilah mengapa, pasien yang mengalami kanker darah sering mengalami pendarahan. Jika seseorang terluka, maka darah yang keluar akan segera menggumpal dan aliran darah segera berhenti.

Berbeda dengan pengidap leukimia, aliran darah akan sangat sulit untuk dihentikan. Darah yang dikeluarkan juga tidak berwarna merah pekat, melainkan merah muda.

2. Sering berdarah dan memar

Gejala kedua yang perlu kamu waspadai adalah, sering mengalami pendarahan dan memar pada tubuh akibat kekurangan trombosit.

Seperti yang sudah disebutkan, trombosit berguna membantu darah untuk membeku. Jika tubuh kekurangan trombosit, maka akan terjadi keterlambatan pembekuan darah.

Sehingga, tak jarang akan muncul bintik-bintik merah atau keunguan yang disebut petechiae akibat adanya pendarahan minor di dalam kulit.

3. Rentan terkena infeksi

Kanker darah juga terjadi karena sel darah putih berkembang tidak normal atau abnormal. Sehingga, sel darah putih tidak mampu melawan berbagai macam kuman yang menyerang tubuh.

4. Nyeri sendi dan tulang

Biasanya, penderita kanker darah akan sering mengalami nyeri pada persendian atau di bagian tulang belakang. 

Bahkan, rasa nyeri ini bisa membuat pengidap leukemia mengalami demam tinggi.

5. Anemia

Kondisi anemia terjadi karena jumlah sel darah putih yang terlalu tinggi, sehingga mengidap leukimia kekurangan sel darah merah. Anemia sendiri merupakan salah satu gejala leukemia pada orang dewasa.

6. Sering mimisan

Kemungkinan, sering mimisan menjadi salah satu gejala yang menandakan kanker darah. Biasanya, mimisan merupakan salah satu gejala khas leukemia.

Hal ini terjadi karena kanker dapat membuat sel darah putih tumbuh secara abnormal.

7. Mual

Mual juga bisa menjadi gejala kanker darah. Karena gejala kanker darah juga meliputi masalah pada pencernaan, contohnya saja seperti mual dan muntah.

Beberapa jenis kanker darah juga dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan meningkatkan tekanan di otak. Tekanan ini mengontrol rangsangan muntah.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Yoursay.id

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.