News

Jangan Sepelekan Manfaat Memotivasi Diri Sendiri

Poptren.suara.com – Memotivasi diri sendiri adalah sebuah kebutuhan yang alangkah lebih baik jika dijadikan sebuah rutinitas. Memotivasi diri sangatlah penting untuk membuat kita merasa lebih baik dan kuat, lebih dewasa dan bijaksana.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat memotivasi diri sendiri, yaitu :

1. Menumbuhkan semangat 

Memotivasi diri sangat berguna untuk menumbuhkan semangat dalam menjalani kehidupan. Dewasa ini, banyak dari kita yang mudah kehilangan semangat. Dan hal tersebut biasanya dikarenakan motivasi yang salah, atau karena terlalu menggantungkan sesuatu kepada hal yang salah. 

Maka dari itu, motivasi sangat diperlukan agar kita lebih memahami tujuan, harapan, dan langkah yang tepat terhadap suatu hal yang kita inginkan di masa depan. Dengan membuat rencana yang tepat, kita akan lebih mudah dalam menyusun rencana serta lebih cepat dalam menggapai target dalam kehidupan. 

2. Menenangkan diri

Memotivasi diri juga berguna sebagai bentuk usaha untuk menenangkan diri. Sebagaimana kita memikirkan banyak hal baik, melambungkan harapan yang tinggi, dari hal itu pula kita bisa mempengaruhi diri kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan positif. 

Tidak sedikit dari kita yang terpuruk karena kegagalan yang kita alami. Tidak sedikit pula yang dihantui rasa cemas yang tak menentu. Memotivasi diri sangat berguna agar kita merasa lebih baik.

3. Mensyukuri segala sesuatu 

Ketika kita sibuk mengejar sesuatu, terkadang kita sampai lupa kepada banyak hal yang sudah kita dapatkan. Mimpi dan harapan itu seringkali membutakan mata kita dengan beragam nikmat yang kita rasakan. Apakah kamu merasakannya juga? 

Namun, memotivasi diri biasanya tidak semata-mata membuat kita melihat jauh ke depan. Tapi juga mensyukuri ragam hal yang sudah ada dalam genggaman. Hal ini membuat kita lebih bersyukur dan tunduk untuk mengakui bahwa yang kita miliki juga bukan jumlah yang sedikit. 

4. Mengukur kemampuan 

Motivasi diri juga membuat kita melihat sejauh mana kemampuan kita berkembang. Apakah berkembang atau hanya diam di tempat, semua itu bisa menjadi renungan bagi diri kita sendiri.

Bukankah kamu juga sering lupa dengan kemampuan diri bahkan dengan perjuangan yang telah kamu jalani? Memotivasi diri akan membuat kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu sudah berkembang. Mana yang harus dipertahankan dan mana yang perlu ditingkatkan. 

Itu dia 4 manfaat memotivasi diri. Semoga bisa membuatmu menjadi seseorang yang terus berkembang ke arah yang lebih baik, ya!

Selamat mencoba.

Sumber : Yoursay.id

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.