News

Jelang Idul Adha, Pedagang Pasar Ungkap Harga Bahan Pangan yang Naik

Suara.com – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) melihat harga-harga bahan pangan mulai mengalami kenaikan jelang peringatan Idul Adha Juli nanti.

Sekretaris Jenderal DPP Ikappi, Reynaldi Sarijowan mencatat, bahan pahan seperti, cabai rawit yang tembus diharga Rp 110.000 per kg, cabai merah keriting mencapai Rp 90.000 per kg, dan cabai merah besar Rp 85.000 per kg.

“Selain itu, bawang merah tembus 60.000 per kg, ayam di kisaran Rp 40.000, kemudian telur tertinggi Rp 29.000 per kg dan beberapa komoditas lain,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Untuk menghadapi kenaikan harga pangan ini, Reynaldi meminta pemerintah antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk tidak saling menyalahkan.

Baca Juga:
Sempat Dibuka Menguat, IHSG di Awal Perdagangan Bergerak Melemah ke Level 7.026

Kedua pemerintahan itu, lanjutnya, justru saling berkoordinasi dalam rangka memastikan stok aman, distribusi terdorong dengan baik di pasar-pasar.

“Kami meminta kepada pemerintah untuk membantu subsidi distribusi dari wilayah-wilayah yang surplus ke wilayah-wilayah yang kebutuhan konsumsinya cukup besar,” imbuhnya.

Selain itu, tambah Reynaldi, keuntungan pedagang yang turun drastis serta daya beli masyarakat yang menurun agar menjadi perhatian pemerintah.

“Kami juga meminta kepada pemerintah untuk bersama-sama menjaga dan memulai pemangkasan rantai distribusi yang cukup panjang karena ini berdampak kepada harga,” pungkasnya.

Baca Juga:
Menkeu: Untuk Kesiapsiagaan Pandemi, G20 Amankan 1,1 Miliar Dolar AS



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close