News

Kebakaran Hanguskan 3 Hektare Hutan dan Lahan di Aceh Selatan : Okezone News

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tragedi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di beberapa kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, sejak Sabtu (23/7/2022) kemarin. Sedikitnya, 3 hektar lahan ludes dilahap si jago merah.

Pada tragedi kebakaran pertama, BNPB melaporkan, pada pukul 14.30 WIB. Api teridentifikasi berada di Gampong Padang Harapan dan Gampong Baro, Kecamatan Trumon. Namun, pihak BPBD Aceh melakukan asesmen pemicu karhutla tersebut.



“BPBD melaporkan sekitar 1,5 hektar lahan terbakar. Hingga pagi ini, Minggu (24/7) belum ada laporan perkembangan situasi titik api di lokasi terdampak,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (24/7/2022).

Muhari menambahkan, kejadian serupa juga terjadi di Gampong Ujong Padang dan Baro, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan, Sabtu (23/7), pukul 20.20 WIB. Lahan sekitar 1,5 hektar juga terbakar di wilayah tersebut.

Baca juga: Kebakaran Melahap 3 Hektare Lahan dan Hutan di Aceh Tengah

“Menyikapi mulai maraknya kejadian karhutla, BPBD Kabupaten Aceh Selatan bersama TNI, Polri, Damkar dan warga berada di lokasi untuk pemadaman. Api dapat dipadamkan dan petugas BPBD melakukan asesmen penyebab terjadinya insiden tersebut,” ungkapnya.

Baca juga: Tinjau Lokasi Banjir Garut, Kepala BNPB Soroti Alih Fungsi Lahan


Adapun dalam pantauan BPBD, sejak minggu pagi gambar citra satelit tidak menunjukkan identifikasi titik panas dengan tingkat kepercayaan tinggi di wilayah Provinsi Aceh. Sedangkan, kajian inaRISK, Kabupaten Aceh Tengah memiliki 13 kecamatan dengan potensi bahaya karhutla kategori sedang hingga tinggi.

“Dua di antara wilayah dengan potensi tersebut yaitu Kecamatan Trumon dan Bakongan yang terdampak karhulta Sabtu kemarin,” tuturnya.

“BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi karhulta di wilayah,” sambungnya.

Baca juga: Bakar Hutan dan Lahan di Riau, 9 Orang Ditangkap

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close