News

Kegagalan Misi Mataram Sebarkan Islam di Bekas Wilayah Majapahit : Okezone Nasional

CAPAIAN Kerajaan Majapahit menguasai nusantara menjadi misi Kerajaan Mataram Islam. Di bawah kekuasaan Sultan Agung, Mataram Islam mencoba meluaskan kekuasaannya hingga Bali.

Beberapa daerah kekuasaan era Majapahit pun coba dikuasainya. Salah satunya daerah di timur Pulau Jawa yang menjadi basis kekuasaan Majapahit.



Usaha penaklukan beberapa daerah di timur Pulau Jawa dan Bali ini dicatatkan Bernand HM Vlekke, pada bukunya berjudul “Sejarah Nusantara”. Pada buku itu tertulis Mataram Islam akhirnya berhasil menguasai wilayah timur Pulau Jawa hingga masuk Blambangan, yang saat ini masuk wilayah Banyuwangi.

Mataram datang dengan membawa misi menyebarkan luaskan agama Islam. Saat itu masyarakat Blambangan menganut agama Hindu shiwais.

Sesekali Blambangan disokong oleh Bali yang akhirnya berhasil bertahan dari dampak islam. Beberapa tahun setelah usahanya gagal di barat, akhirnya Mataram di bawah kekuasaan Sultan Agung melakukan serangan habis-habisan di wilayah-wilayah nonmuslim.

Sementara itu, ia mengawasi orang Belanda di Batavia dengan seksama. Sultan Agung berusaha bernegosiasi dengan Portugis di Malaka untuk membangun persekutuan melawan musuh mereka bersama. Tapi saat itu kekuasaan Portugis di Kepulauan Indonesia sudah mendekati hari-hari terakhir.

Sultan Agung saat itu juga mencoba mendekati beberapa pedagang Inggris di Pantai Jawa. Tapi sayangnya mereka tak sanggup lagi menantang kekuatan Belanda. Jadi mengandalkan sumber daya sendiri, dia berusaha menaklukkan wilayah timur Pulau Jawa dan Bali pada 1639.

Blambangan dalam waktu singkat berhasil ditaklukkan. Tentara Mataram kemudian berusaha menyeberangi selat sempit antara Jawa dan Bali, tapi Bali memberikan perlawanan yang gigih. Misi Mataram memperluas kekuasaannya ke Bali pun kandas.


Setelah pasukan Mataram berhasil diusir, Bali kembali mengambil semua wilayah kekuasaan mereka yang telah direbut, termasuk di wilayah Blambangan. Tapi banyak penduduknya telah pergi dibawa oleh tentara Kerajaan Mataram dan daerah itu terabaikan untuk waktu yang lama.

Dikisahkan Vlekke, inilah perang Sultan Agung terakhir. dia masih memerintah dengan tangan besi, tapi mimpi memulihkan imperium Majapahit telah berakhir. Kekuasaan Belanda mulai meningkat pada 1641. mereka menaklukkan benteng utama Portugis di Malaka.

Sejak itu laut-laut di Indonesia dikontrol oleh VOC di bawah bendera Belanda-nya, yang karena keunggulan lautnya menjadi penguasa atas Kepulauan Indonesia.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close