News

Kemenag Bakal Evaluasi Kebijakan Umrah Satu Pintu : Okezone Nasional

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan mengevaluasi kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP) usai tanggal 15 Januari 2022. Hingga saat ini, pemberangkatan jamaah umrah masih dilakukan secara terpusat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Lalu jamaah diberangkatkan melalui Bandara Soekarno Hatta.

“15 Januari nanti dievaluasi lagi terkait dengan penggunaan One Gate Policy karena sekarang kondisi omicron juga lagi tinggi,” ujar Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus M Noer Alya Fitra saat dihubungi MNC Portal, Selasa (11/1/2022).



Baca Juga: Umrah Dibuka, Ongkosnya Mulai dari Rp35 Juta

Dia mengatakan, OGP sendiri digunakan pemerintah agar menjamin keberlangsungan umrah dengan tertib. Selain itu, menghindari kecurangan atau fraud terkait dengan PCR calon jamaah umrah yang berangkat ke Tanah Suci.

“Kemudian juga kita ingin agar jamaah sebelum berangkat dikasih beberapa edukasi supaya mereka benar-benar mematuhi prokes yang sudah ditetapkan karena ini masih dalam posisi kondisi pandemi. Pasti akan berbeda dengan umrah pada masa normal,” ucapnya.

“Jadi, kita harus benar-benar kita banyak ngomong sama jamaah terkait dengan prokes nanti di Saudi dan juga saat kembali ke Tanah Air,” tutur dia.

Baca Juga:  419 Jamaah Umrah Akan Dikarantina 7 Hari Setibanya di Indonesia

Noer Alya menyampaikan, Kemenag telah memberangkatkan tiga rombongan ke Tanah Suci sejak 8 Januari 2022 dengan 418 jamaah. Rombongan kedua pada 10 Januari 2021 yakni 24 tim delegasi dari asosiasi Kesthuri.

“433 jamaah yang ketiga berangkat hari ini (Selasa) jam 13.20 WIB dengan pesawat Lion Air dari PT Ameera Mekkah Travel asosiasi Amphuri,” ucapnya.

Rombongan keempat, akan berangkat pada 12 Januari 2022 sebanyak 249 dari enam penyelenggaraa perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang tergabung dalam asosiasi HIMPUH. “Itu ada dua penerbangan Emirates jam 22. 00 WIB dan garuda jam 11.55 WIB,” ujar dia.

“Tanggal 13 Januari ada sebanyak 340 orang, 14 Januari kosong dan tanggal 15 Januari sedang kami koordinasikan juga karena nanti akan ada keberangkatan,” katanya.


(Ari)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close