News

Keren Banget! Ada Anjing Pahlawan Super yang Bantu Kumpulkan Sampah di Chili

Suara.com – Seekor anjing didapuk menjadi pahlawan super bagi lingkungan di Santiago, Chili. Apa tugasnya?

Sam, pahlawan super berkaki empat, bekerja menjaga taman di ibu kota Chili tetap bersih dan hijau. Anjing border collie pintar yang secara rutin berjalan-jalan di taman metropolitan Santiago bersama pemiliknya telah jadi makhluk terkenal, memakai jubah hijau dalam komik yang dipakai sebagai panduan edukasi.

Semua berawal ketika Sam dan Gonzalo Chiang harus beberapa kali berhenti di area hijau terbesar di kota tersebut untuk memungut botol plastik, masker, kaleng dan kotak makanan.

“Ketika berjalan-jalan dengan Sam, kami menemukan banyak sampah,” kata Chiang dikutip dari Reuters, Sabtu. “Sejak itu, kami harus bersiap memungut sampah yang ditemukan di tiap kunjungan.”

Baca Juga:
Sampah Diapers Isi Kotoran Berserakan di Jalan Taman Paradise Ungasan Hingga Viral, BUMDes Geram

Sampah yang ditemukan kian banyak. Pada April, mereka mengumpulkan 602 masker, 585 botol dan 304 kaleng, begitu pula sampah pakaian, helm dan bungkus makanan.

“Jalan-jalan ini peluang bagus untuk membersihkan, bukan buang sampah,” kata Chiang.

Pihak otoritas taman merasa terkesima dengan Sam yang rutin datang setidaknya tiga kali sepekan. Akhirnya sang anjing muncul di kampanye untuk menjaga taman.

Catalina Aravena mengubah anjing usia 5,5 tahun itu menjadi kartun dalam “Sam: The Parquemet Superhero”, meminta pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan atau membuangnya di lebih dari 40 tempat sampah di taman.

“Ini menjadi lebih menyebar dari yang dibayangkan. Ini menjangkau sekolah-sekolah dan media sosial,” kata Aravena.

Baca Juga:
Perkenalkan, Sam, Anjing Pahlawan Super Pembasmi Sampah di Chili

Taman ini telah meluncurkan kampanye anti buang sampah sembarangan tahun lalu, meminta penjual minuman untuk berganti dari gelas plastik menjadi gelas beling, dan mulai membuat tempat sampah berbeda sesuai jenisnya agar bisa dipilah.

“Sam dan Gonzalo telah menginspirasi kami mempercepat proses edukasi dan struktur klasifikasi sampah ini,” tutup direktur taman Eduardo Villalobos.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close