News

Konflik Rusia dan Ukraina, Ini Negara-Negara di Belakangnya : Okezone News

JIKA konflik antara Rusia dan Ukraina berkembang menjadi perang, maka terdapat beberapa negara yang akan mendukung masing-masing negara tersebut.

Negara-negara North Atlantic Treaty Organisation (NATO) pun diperkirakan akan mendukung Ukraina.



Hal tersebut terlihat dengan adanya bantuan secara besar-besaran yang telah tiba di Ukraina dari negara-negara yang tergabung dalam NATO, merupakan aliansi militer yang dibentuk pada 1949. Tujuan awal berdirinya NATO adalah untuk melawan ancaman ekspansi Rusia (ketika itu masih Uni Soviet) pascaperang di Eropa. Para anggota NATO setuju untuk saling membantu jika terjadi serangan bersenjata terhadap salah satu negara anggota.

Ukraina merupakan bekas republik Soviet yang berbatasan dengan Uni Eropa dan Rusia. Diketahui, Ukraina bukan bagian dari anggota NATO, namun Ukraina adalah negara mitra.

Saat ini NATO terdiri dari 30 negara, yaitu Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris, Amerika Serikat.

Kemudian terdapat negara-negara yang mendukung Rusia. Melansir analisis The EurAsianTimes, negara yang mendukung Rusia antara lain negara yang tergabung dalam CSTO (Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan). Diketahui, CSTO merupakan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif yang dibentuk pada 1992.

Pasukan CSTO merupakan satu set kontingen yang dirancang untuk berpartisipasi dalam operasi pemeliharaan perdamaian organisasi.

Kontingen tersebut meliputi personel militer, polisi, dan sipil yang terlatih, serta dengan kekuatan dan sarana yang disediakan oleh negara anggota CSTO. Selain negara anggota CSTO, Rusia akan didukung juga oleh Iran, Kuba, China, dan Korea Utara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close