News

Manfaat Apel untuk Kesehatan Wajah

Poptren.suara.comApel memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C, E, serat, dan polifenol yang merupakan antioksidan. Kandungan tersebut  juga berperan untuk kesehatan, baik itu kesehatan tubuh dan kesehatan kulit wajah.

Berikut lima manfaat apel untuk kesehatan wajah, yang dirangkum dari laman sehatq.com.

1. Mencegah penuaan dini

Pertama, manfaat apel dapat mencegah penuaan dini. Ya, ekstrak apel sendiri mengandung asam fenolik dan flavonoid yang berguna untuk kesehatan kulit. 

Baca Juga:5 Manfaat Berpikir Positif yang Kerap Tidak Disadari, Kamu Harus Tahu!

Kedua kandungan tersebut bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dan penuaan dini pada kulit.

2. Mengurangi jerawat

Kedua, apel juga mengandung vitamin A dan C, serta zinc yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Selain itu, sari buah apel mengandung asam asetat, asam sitrat, dan asam glikolat. Dimana, kandungan ini dapat membantu mengatasi bakteri, mengurangi jerawat, mengurangi peradangan, dan mendorong pergantian sel kulit baru.

3. Menghidrasi kulit

Baca Juga:4 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Bisa Lindungi Mata dari Kerusakan

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa apel bersifat mengikat air yang membantu menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.

Vitamin C yang terkandung dalam buah apel dapat membantu melembabkan kulit dan menutrisi kulit, dan juga melindungi kulit sepanjang hari. Vitamin E pada apel juga dapat membantu melembutkan serta menghidrasi kulit.

4. Berperan sebagai eksfoliator alami

Selain manfaat tadi, sari pada buah apel juga berperan sebagai eksfoliator alami. Jika kebanyakan eksfoliator mengandung butiran scrub, berbeda dengan buah apel yang sari buahnya dapat membantu mengelupaskan kulit mati sehingga mengatasi kulit yang kusam.

5. Mencerahkan kulit

Masih berkaitan dengan manfaat di atas, sari buah apel juga dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat tampilan wajah menjadi lebih bercahaya.

Cara penggunaan :

– Minum jus atau makan buah apel
– Meletakkan irisan apel ke wajah
– Membuat DIY masker apel
– Menggunakan apple cider vinegar

Semoga bermanfaat.

Sumber : Yoursay.id

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.