News

Mau Divaksin saat Berpuasa? Baca Ini Dulu : Okezone Lifestyle

UMAT Islam saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2022. Sama seperti tahun sebelumnya, Ramadhan kali ini kita masih merasakan pandemi.

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah tengah melangsungkan vaksinasi Covid-19 secara bertahap kepada seluruh masyarakat. Lantas apakah melakukan vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan akan membatalkan puasa?

 pandemi Covid-19

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa no. 13/2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Asas keselamatan menjadi keutamaan dari fatwa yang diputuskan oleh MUI. Oleh sebab itu fatwa tersebut menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 secara umum tidak membatalkan puasa seseorang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin divaksin Covid-19 saat sedang berpuasa, jangan merasa takut. Sebab vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa Anda.

 BACA JUGA: Vaksin Covid-19 pada Ibu Hamil, Lindungi Ibu dan Bayinya

“Vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa dan hukumnya boleh dilakukan sepanjang tidak sebabkan bahaya (dlarar),” tulis unggahan tersebut.

(DRM)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close