News

Media Vietnam Sebut Ketum PSSI Beri Pernyataan Mengejutkan soal Pindah dari AFF ke EAFF : Okezone Bola

MEDIA Vietnam, Soha VN terkejut dengan pernyataan Ketua Umum (Ketum) Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) terkait kepindahan Indonesia dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Karena cukup terkejut, Soha VN sampai menyoroti pernyataan Ketum PSSI dalam satu laporan artikelnya.

Ya, seperti diketahui sebelumnya, Mochamad Iriawan selaku Ketum PSSI sempat menyinggung bahwa pihaknya sudah membuka komunikasi dengan EAFF, untuk meninggalkan AFF. Akan tetapi, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu belum banyak bicara soal kepastian lebih lanjutnya.



Media Vietnam

(Media Vietnam terkejut dengan ucapan Ketum PSSI)

Ia mengaku hanya mencoba demokratis dengan masyarakat Indonesia, yang meminta PSSI pindah dari AFF ke EAFF. Sekadar informasi, adanya desakan pindah naungan kepada PSSI dari masyarakat Indonesia, merupakan buntut dari sikap AFF, yang dinilai lamban oleh PSSI.

Sebelumnya, PSSI sudah menyampaikan surat protes kepada AFF, terkait dugaan praktik sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022. Adapun pertandingan yang diprotes antara Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, pada 10 Juli silam.

Dinilai tak responsif, pecinta sepakbola Tanah Air mendesak PSSI untuk mundur dari AFF dan pindah ke EAFF. Mochamad Iriawan pun mempertimbangkan usulan masyarakat Indonesia.

Sebab, bukan hanya sekadar pindah naungan, ia menilai kualitas Timnas Indonesia juga bisa ikut terkatrol jika masuk ke EAFF. Pasalnya, di EAFF sendiri terdapat sejumlah tim kuat di Asia, seperti China, Jepang, hingga Korea Selatan.

“Jika tetap di Asia Tenggara, Indonesia tidak akan bisa maju,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media beberapa waktu silam.

Timnas Indonesia

“Kami akan melihat apakah itu (rencana transfer Federasi) cocok. Jika kami terus bermain di Asia Tenggara, kami tidak akan berkembang,” lanjut Iwan Bule.

Dua pernyataan itu yang jadi sorotan media Vietnam. Dalam laporannya Soha VN memuat headline soal dua pernyataan itu.

“Bos besar sepakbola Indonesia membuat pernyataan mengejutkan tentang keputusan untuk meninggalkan AFF,” tulis Soha VN yang dilansir Senin (25/7/2022).

Meski begitu, sampai saat ini memang belum ada kepastian apakah PSSI direstui hengkang dari AFF atau tidak. Namun, sejumlah pihak pun menyayangkan jika PSSI keluar dari AFF. Satu alasan kuat adalah basis sepakbola Indonesia sudah sangat besar di Asia Tenggara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close