News

Menkes Ungkap Kronologi Pasien Omicron Lolos Karantina di Wisma Atlet : Okezone Nasional

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap kronologi pasien positif Covid-19 varian Omicron lolos karantina dari Wisma Atlet.

Budi menerangkan, mulanya ada seorang warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelamin perempuan tiba ke Tanah Air dari Inggris.



“Pada saar dia dites pertama positif. Dia minta tes pembanding memang boleh, dites hasilnya negatif,” ujar Budi usai mengikuti rapat koordinasi di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (27/12/2021).

Berdasarkan hasil tes negatif itu, perempuan tersebut meminta diskresi agar melakukan karantina mandiri di rumah. Pengajuan diskresi tersebut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

“Kemudian diberikan ke Dinas Kesehatan DKI diminta boleh tapi harus isolasi di rumah dan kebetulan rumahnya bisa untuk isolasi,” ungkap Budi.

Baca juga: Cegah Penyebaran Omicron, Menkes Minta Vaksinasi terhadap Lansia Dipercepat

Setelah lima hari kemudian, ternyata hasil positif Covid perempuan tersebut adalah varian Omicron. Akhirnya pemerintah pun mengejar kembali orang tersebut.

“Lima hari kemudian kita lihat hasil positifnya Omicron. Jadi ini kita kejar lagi yang bersangkutan kita tes lagi,” jelasnya.

Baca juga: Menkes Ungkap Banyak Masyarakat Tak Disiplin Gunakan PeduliLindungi saat Bepergian


Pemerintah kembali melakukan tes terhadap perempuan tersebut dan anggota keluarganya. Kini mereka sudah dinyatakan negatif Covid-19.

“Alhamdilillah sudah negatif. Tapi ini pelajaran buat kami aturannya kami akan rubah, kalau tes satu positif, tes dua negatif, harus ada tes ketiga,” ucap Budi.

Sebagai informasi, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa ada seorang warga yang lolos karantina di Wisma Atlet. Padahal dia terkonfirmasi positif varian Omicron.

Baca juga: Varian Omicron Akibat Komplikasi Vaksin dan Pengobatan Covid-19, Ini Fakta Sesungguhnya

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.