News

Misteri Final Piala Dunia 1998: Kisah Ronaldo yang Hampir Mati : Okezone Bola

MISTERI final Piala Dunia 1998, kisah Ronaldo yang hampir mati menarik dikulik. Sebab, momen ini selalu dikenang para pencinta sepakbola dunia, terlebih jika membahas Piala Dunia yang sebentar lagi akan kembali bergulir.

Ya, Piala Dunia 2022 akan segera bergulir. Tepatnya, ajang sepakbola bergengsi yang mempertemukan negara-negara di dunia ini akan berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022.



Ronaldo Luiz

BACA JUGA: 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Beri Dukungan kepada Palestina, Nomor 1 Megabintang Manchester United

Meski baru dimulai beberapa bulan lagi, euforia dari Piala Dunia 2022 sudah terasa. Sejumlah momen menarik yang pernah terjadi di Piala Dunia pun menarik untuk dikulik lagi. Salah satunya adalah kisah bintang sepakbola Timnas Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima.

Sebab, Brasil sendiri jadi salah satu tim yang penampilannya paling dinantikan di Piala Dunia. Tahun ini, mereka dipastikan akan kembali ambil bagian di Piala Dunia 2022.

BACA JUGA: 5 Pemain yang Sebaiknya Tak Dilepas Barcelona, Nomor 1 Bawa Inter Milan Sabet Treble Winner

Kali ini, mari bersama-sama mengulik lagi kisah Ronaldo yang hampir mati, misteri final Piala Dunia 1998.

Misteri Final Piala Dunia 1998: Kisah Ronaldo yang Hampir Mati

Ya, ada kisah tak terlupakan dari peraih 5 trofi Piala Dunia itu. Hal itu tepatnya terjadi di laga final Piala Dunia 1998. Laga itu mempertemukan Timnas Brasil melawan Prancis di Stade de France, 12 Juli 1998.

Laga itu sendiri dimenangkan oleh Timnas Prancis dengan skor telak 3-0. Zinedine Zidane mencetak brace atau dua gol, sementara satu gol lainnya dilesakkan oleh Emannuel Laurent Petit. Berkat kinerja ciamik mereka, Prancis pun menjadi juara Piala Dunia 1998.

Namun, di balik kesuksesan Prancis, ada kisah menarik dari final Piala Dunia ini yang berkaitan dengan Ronaldo. Kisah itu terjadi sejak sebelum kickoff. Drama final Piala Dunia 1998 ini dikuak oleh komentator legendaris BBC, John Motson.

Motson mengaku kaget kala melihat daftar susunan pemain. Sebab, tidak ada nama Ronaldo di sana. Orang-orang yang memegang kertas daftar susunan pemain pun kaget dan berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan pemain bintang Timnas Brasil itu.

“Daftar susunan pemain dibagikan dan saya terkejut karena nama Ronaldo tidak ada di situ. Semua orang memeriksa kembali kertas di tangan mereka dan reaksi mereka sama,” ujar Motson.

“Beberapa orang terlihat berdiri dan bertanya apa yang sedang terjadi? Cukup lama kami semua duduk dalam kondisi terkejut,” sambungnya.

Dengan kiprah manis yang ditunjukkan Ronaldo kala itu untuk Timnas Brasil dan klub, absennya sang pemain di laga final Piala Dunia 1998 terasa janggal. Namun, setelah bertanya-tanya, daftar susunan pemain Timnas Brasil kembali mengalami perubahan.

Nama Ronaldo kembali masuk saat 30 menit menjelang pertandingan dimulai. Kondisi ini makin menimbulkan tanda tanya besar.

Ronaldo Tampil Beda

Meski sudah dipastikan bermain, sosok Ronaldo masih menjadi misteri di final Piala Dunia 1998 itu. Sebab, dia terlihat tampil berbeda. Performanya tak seperti biasanya sehingga Timnas Brasil pun tak bisa terhindar dari kekalahan.

Ronaldo Luiz

Rekan setim Ronaldo, Roberto Carlos, pun menguak kondisi yang terjadi di skuad Timnas Brasil, utamanya kepada Ronaldo, sebelum laga. Dia bercerita bahwa semua ini bermula seusai makan siang di Lesigny, pada hari final Piala Dunia 1998.

Ronaldo dikabarkan mengalami kejang-kejang sampai akhirnya mengeluarkan busa dari mulutnya sekembalinya ke hotel dari makan siang tersebut. Hal itu terjadi sekira pukul 16.00 waktu setempat.

Carlos yang sekamar dengan Ronaldo pun panik sehingga meminta pertolingan. Sebab, laga sendiri akan digelar pada pukul 21.00 waktu setempat.

“Ronaldo takut dengan apa yang akan terjadi. Tekanan besar membuatnya tidak bisa berhenti menangis,” tutur Roberto Carlos.

Pertolongan pun langsung diberikan kepada Ronaldo. Jika terlambat, nyawa Ronaldo kemungkinan bisa melayang. Kondisi Ronaldo pun tak lama kemudian berangsur-angsur membaik. Dia bisa kembali berbincang menceritakan kondisinya kepada rekan setimnya.

Karena laga akan segera digelar dalam beberapa jam ke depan, rekan setim Ronaldo di Timnas Brasil pun bergegas pergi ke stadion. Setelah menjalani pemeriksaan di rumah sakit, Ronaldo dinyatakan fit untuk bermain. Kala itulah, namanya secara mengejutkan bisa kembali masuk ke daftar skuad.

Meski cerita ini sudah dikuak oleh Carlos, tetap ada sejumlah pandangan miring soal kisah sebenarnya dari absennya Ronaldo kala itu. Beberapa meragukan hal yang terjadi kepada Ronaldo.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.