News

Naik Helikopter, Erick Thohir hingga Menhub Tinjau Kesiapan Arus Balik : Okezone Economy

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali melakukan pantauan arus mudik dan balik. Dirinya ingin memastikan aktivitas mudik dan arus balik berjalan baik.

Erick pun ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Jadwal One Way Arus Balik 2022, Awas Jangan Berangkat di Tanggal Ini!

Ketiganya, bergegas menuju Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung dengan menggunakan helikopter, Rabu pagi.

“Lebaran hari ketiga, sudah kembali memantau arus mudik dan balik bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menko PMK Muhadjir Effendy,” ujar Erick, dalam Instagramnya, Rabu (4/5/2022).

Erick, Budi, dan Menko Muhadjir meninjau kesiapan Pelabuhan Panjang untuk melayani prosesi arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Baca Juga: Antisipasi Kepadatan Arus Balik di Bakauheni, Pelabuhan Panjang Jadi Jalur Alternatif

Pemerintah sendiri telah memutuskan membuka jalur alternatif penyeberangan dari Pulau Sumatera ke Jawa melalui pelabuhan Panjang. Pembukaan jalur alternatif ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik di Pelabuhan Bakauheni saat arus balik.

Hal ini dilakukan mengingat terjadi lonjakan penumpang yang sangat tinggi pada arus mudik pada angkutan penyeberangan.

Berdasarkan catatan Kementrian Perhubungan, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan penyeberangan melebihi penumpang di transportasi umum lain. Yakni mencapai 1,6 juta penumpang, baik itu di Pelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak.

“Untuk itu, Pelabuhan Panjang bisa kita jadikan alternatif. Kita juga akan lakukan skenario untuk merespons perubahan perilaku pemudik tahun ini dibanding 2019 sehingga penanganan kita bisa lebih cermat dan memuaskan bagi para pemudik,” ungkal Muhadjir Effendy.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close