News

Open House, Tradisi Menerima Tamu yang Ramai Dilakukan saat Hari Raya

Suara.com – Open house adalah salah satu istilah yang kerap kita dengar khususnya di waktu-waktu mendekati hari raya.

Tradisi ini sudah melekat untuk menyambut keluarga besar yang akan berkunjung ke rumah mereka, sekaligus menjadi undangan terbuka bahwa mereka siap menerima kunjungan.

Tapi, apa sebenarnya arti dari open house itu sendiri? Lalu, apa yang perlu dipersiapkan saat akan melakukannya?

Open House di Hari Raya

Baca Juga:
Satu Keluarga di Tapanuli Selatan Keracunan Makanan Usai Konsumsi Jamur Kelapa Sawit

Dilansir dari laman dictionary, open house adalah sebuah rumah yang terbuka untuk semua teman yang akan mengunjunginya. Sementara itu, dari laman merriam-webster open house diartikan sebagai keramah tamahan yang sudah dipersiapkan bagi tamu yang akan datang dan biasanya dilakukan secara informal.

Dalam Bahasa Indonesia, open house diterjemahkan menjadi gelar griya atau acara yang biasa diadakan oleh institusi dan dapat didatangi oleh orang umum supaya dapat melihat-lihat sekaligus mempelajari institusi tersebut.

Maka, jika disimpulkan open house dapat diartikan sebagai waktu di mana seseorang membuka lebar pintunya untuk dikunjungi, bahkan tidak jarang telah mempersiapkan makanan sebagai jamuan.

Suasana open house pada umumnya akan dipenuhi kehangatan dan canda tawa karena mereka yang di dalamnya akan asik bercengkrama. Ditambah lagi saat Idul Fitri banyak saudara yang tidak lama bertemu yang akan membuat suasana open house semakin terasa mendekatkan.

Persiapan Open House

Baca Juga:
7 Manfaat Makan Makanan Pedas yang Jarang Diketahui

Jika suatu waktu Anda ingin melakukan open house, setidaknya persiapkan beberapa hal berikut supaya tamu yang datang merasa senang dan Anda merasa puas dengan kebahagiaan yang terpancar:

1. Makanan Lezat

Saat hari raya Idul Fitri , seseorang yang melakukan open house dapat dipastikan akan menyajikan berbagai makanan lezat, seperti opor yang lengkap dengan ketupat dan kue kering .

2. Merapikan Rumah

Salah satu cara membuat tamu nyaman saat mengunjungi sesi open house tentu saja rumah yang rapi. Jadi sebelum itu, pastikan untuk membersihkan rumah terlebih dahulu. Memastikan tidak ada tumpukan sampah di sekitar dapur atau pakaian kotor yang menggunung.

3. Buah Tangan

Usai menjamu tamu yang ada, tidak sedikit dari pemilik open house yang masih akan memberikan buah tangan. Salah satu buah tangan dari pen house yang paling disukai saat perayaan hari raya Idul Fitri tentu saja salam tempel. Namun tentu saja, Anda juga bisa memberikan bingkisan lain, seperti masakan andalan, atau kue kering buatan sendiri.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close