News

Pasca-Divaksin Covid-19 Tak Ada KIPI, Apakah Normal? : Okezone Lifestyle

USAI menerima vaksin Covid-19, sebagian besar orang pada umumnya akan mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) sebagai efek samping.

Biasanya efek samping yang dirasakan adalah nyeri di titik suntikan, emam, sakit kepala, mengantuk, hingga rasa lapar yang intens.d

Namun pada sebagian orang, KIPI pasca-menerima vaksinasi Covid-19 ini tidak dialami. Apakah normal jika tak mengalami KIPI pasca menerima vaksin Covid-19?

 Vaksin Covid-19

Tenang, ternyata, seperti dituturkan Prof. Dr. dr. Yuwono, M.Biomed, Ahli Mikrobiologi Kedokteran, hal ini tidak perlu dicemaskan.

“Ya Insya Allah sesuai dengan badan kita masing-masing. Tapi secara statistik memang sangat mungkin bisa terjadi. Tapi saya yakin enggak terjadi di lebih 2,5 persen populasi. Jadi normal-normal saja, enggak ada masalah kalaupun enggak ada KIPI. Ya, enggak apa-apa,” jelas Prof. Yuwono, saat gelaran MNC Forum LXIII (63rd), kemarin.

Lebih lanjut Prof. Yuwono menerangkan, muncul atau tidaknya KIPI atau dampak setelah disuntikkan vaksin sendiri dipicu oleh dua faktor, pertama yakni tubuh penerima vaksin

“Ada tidaknya dampak pada waktu vaksin ada dua. Pertama ditentukan oleh orangnya sendiri, contoh kalau sebelumnya begadang ya dampaknya bisa lebih kencang, atau sedang kelaparan saja itu bisa lebih kencang dampaknya.

Selain itu juga dipicu oleh kandungan yang ada dalam vaksin Covid-19 yang digunakan.

 BACA JUGA:Wacana Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Respons Satgas

“Di vaksinnya sendiri, itu bergantung pada zat yang ada di dalamnya. Mulai dari yang paling kecil adalah vaksin yang berupa protein, sedikit kencang mRNA seperti Moderna dan Pfizer, ada yang lebih agak ringan vaksin rekombinan, dan yang paling ringan seperti Sinovac. Enggak masalah kalau enggak ada dampaknya, yang penting sudah vaksin,” tegasnya.

(DRM)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close