News

Pasien Pertama Transmisi Lokal Omicron Isolasi di Jakarta, Begini Kondisinya : Okezone Nasional

JAKARTA – Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan kondisi pasien pertama transmisi lokal varian Omicron di Indonesia. Sejauh ini, warga Medan tersebut tidak bergejala dan sedang diisolasi di RSPI Sulianti Saroso.

“Kasus pertama ini tidak bergejala, kita mengetahui saat yang bersangkutan akan melakukan perjalanan kembali ke Kota Medan. Akhirnya secara bersamaan dicek dan dinyatakan Omicron,” ujar Nadia dalam konferensi persnya, Selasa (28/12/2021).



Nadia menegaskan pihaknya sedang melaksanakan tracing kegiatan pasien 14 hari sebelum dinyatakan positif. Pasien laki-laki berusia 37 tahun itu diketahui positif saat berada di Jakarta dan sudah melakukan sejumlah kegiatan.

“Sedang diproses karena mengingat yang bersangkutan banyak aktivitas, melihat 14 hari dia positif, harus tracing 14 hari ke belakang. Salah satunya restoran di SCBD, apartemen tempat yang bersangkutan tinggal dan aktivitas-aktivitas lainnya, dicek kembali,” ujar Nadia.

Baca juga: Kronologi Transmisi Lokal Omicron: Pasien Warga Medan Sempat Makan di SCBD Jakarta

Kronologi kasus transmisi lokal pertama Omicron ini adalah, pasien tiba di Jakarta 6 Desember, kemudian 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD. Lalu pada 19 Desember tes antigen untuk kembali ke Medan, hasilnya positif.

Kemudian dilakukan PCR 20 Desember dan konfirmasi Omicron pada 26 Desember.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.