News

Pendiri Navy SEAL Team 6, Richard Marcinko Wafat di Usia 81 Tahun

Suara.com – Richard Marcinko, pendiri Navy SEAL Team 6pasukan khusus Amerika Serikat yang paling terkenal dan mematikan – wafat pada usia 81 tahun, Sabtu (25/12/2021), demikian diwartakan The New York Times, Senin (27/12/2021).

Marchinko wafat di kediamannya di Fauquier County, Virginia. Penyebab kematiannya diduga adalah serangan jantung, demikian dikatakan puteranya, Matthew Marcinko.

Pendiri Navy SEAL Team 6
Dalam sejarah militer sosok Marcinko dikenang sebagai pendiri dan komandan salah satu pasukan khusus paling sukses dan mematikan di dunia. Marcinko sendiri memimpin pasukan tersebut selama tiga tahun, yakni dari 1980 sampai 1983.

Marcinko, yang juga veteran Perang Vietnam, diperintahkan untuk mendirikan pasukan khusus yang bisa memberikan respons cepat terhadap aksi terorisme usai kegagalan Amerika membebaskan 53 sandera di Kedutaan Besar AS di Teheran, Iran pada 1979.

Baca Juga:
Gagal Jadi Navy SEAL, Pria Ini Balas Dendam dan Bakar Kapal Perang Amerika

Pasukan itu kemudian dinamai Marcinko sebagai SEAL Team 6, padahal waktu itu hanya ada dua tim pasukan SEAL. Marcinko belakangan menjelaskan, pemberian nama Team 6 adalah untuk mengelabui Uni Soviet, musuh AS dalam Perang Dingin.

Harapannya intelijen Moskwa akan mengira bahwa AS punya setidaknya 6 unit pasukan khusus Navy SEAL. Kedua, pemberian nomor 6 agar Soviet juga mengira tim ini bukan yang terbaik – karena biasanya tim terbaik diberi nomor 1.

Uniknya, pasukan khusus yang dibentuk Marcinko banyak mengabaikan aturan dan disiplin militer. Dalam otobiografinya yang berjudul, “Rogue Warrior”, Marcinko bercerita bahwa wawancara perekrutan anggota Navy SEAL 6 sering dilakukannya di bar sambil mengonsumsi minuman keras.

Sebagai pemimpin pertama SEAL Team 6, Marcinko dikenal kontroversial. Admiral William H McRaven, komandan operasi-operasi khusus AS yang turut memimpin operasi menumpas gembong teroris Osama Bin Laden di 2011 lalu, adalah bekas anak buah Marcinko di SEAL Team 6. Tetapi McRaven mundur dari pasukan elit tersebut pada 1983 karena tidak suka dengan gaya sang komandan yang dinilainya tidak disiplin dan ceroboh.

Keberhasilan SEAL Team 6 pada 2011 membunuh Osama bin Laden turut mengangkat nama pasukan elit ini ke puncak pengakuan dunia. Berbagai film dan buku ditulis untuk mengenang kehebatan mereka.

Baca Juga:
Tolak Pakai Masker, Tentara Penembak Osama Bin Laden Dilarang Naik Pesawat

Tetapi SEAL Team 6 memang dikenal sebagai tim tangguh yang turun di medan-medan paling berbahaya di dunia. Di antara pasukan elit lain di AS, hanya Navy SEAL Team 6 yang dilatih untuk mengejar senjata nuklir yang jatuh ke tangan musuh.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.