News

Permasalahan Kependudukan yang Bersifat Kualitas dan Kuantitas di Indonesia, Ini Faktornya! : Okezone Edukasi

JAKARTA – Berbagai permasalahan kependudukan yang bersifat kualitas dan kuantiitas di Indonesia banyak ditemui di beberapa linkungan masyarakat. Sebabm Indonesia merupakan sebuah negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Bahkan menurut Worldometers 2021, Indonesia menduduki peringkat ke empat.

Dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia menimbulkan sebuah masalah kependudukan yang harus di atasi oleh pemerintah. Masalah kependudukan ini diketahui berdasarkan dua jenis, yakni kualitatif dan kuantitatif.

Nah, permasalahan kependudukan yang bersifat kualitas dan kuantitas di Indonesia berdasarkan beberapa faktor. Berikut diantaranya:

1. Tingkat Kesehatan

Tingkat kesehatan di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari angka kematian dan angka harapan hidup masyarakat Indonesia.

Kualitas kesehatan tentu berbanding lurus dengan tingkat pendapatan penduduknya, semakin tinggi pendapatan maka akan semakin tinggi juga kulitas kesehatan yang akan di dapat.

2. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan penduduk di Indonesia masih cukup rendah, hal ini didasarkan oleh beberapa hal, seperti pendapatan yang rendah dan  tidak seimbangnya sarana dan prasarana pendidikan

Masih rendahnya kesadaran penduduk tentang pendidikan. Rendahnya tingkat pendidikan penduduk mengakibatkan masyarakat sulit untuk menerima hal-hal baru.

3. Tingkat Pendapatan

Meski tidak termasuk ke dalam negara miskin, namun banyak penduduk di Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan menurut catatan BPS.

Hal ini karena tingkat pendapatan yang rendah sehingga masyarakat sulit untuk memnuhi kebutuhan hidpu dan jauh dari sejahtera.

4. Jumlah Penduduk Besar

Indonesia diproyeksikan memiliki sebanyak 271.066.000 jiwa penduduk pada tahun 2020. Banyaknya penduduk tentu menjadi PR tersendiri bagi pemerintah untuk menjamin kebutuhan hidup dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi  penduduknya.

5. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat

Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat mengakibatkan permasalahan ekonomi, sosial, dan juga lingkungan hidup.

6. Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Persebaran penduduk yang tidak merata membuat sebuah masalah baru. Seperti habisnya lahan disuatu wilayah yang dijadikan pemukiman dan industri, sedangkan banyak wilayah yang belum dimanfaatkan secara maksimal karena kekurangan SDM. Adanya permasalahan mengenai kependudukan di Indonesia tentu harus diimbangi dengan adanya upaya untuk mengtasi permasalahan tersebut.

Demikian informasi mengenai Permasalahan Kependudukan yang Bersifat Kualitas dan Kuantitas di Indonesia. (RIN)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close