News

Program Ekonomi 2022, Jokowi: Pembangunan Infrastruktur, Hilirisasi dan KEK : Okezone Economy

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa berbagai program ekonomi di tahun 2022. Salah satunya akan melanjutkan pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan infrastruktur masih terus akan kita pacu,” katanya saat membuka pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan di Istana Bogor, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Targetkan Kredit UMKM 30% di Bank Tahun 2024, Jokowi: Jangan Dipersulit!

Selain itu reformasi di bidang manufaktur dan industri juga akan terus dilakukan.Dia juga memastikan hilirisasi mineral akan terus ditingkatkan. Termasuk menghentikan ekspor bahan mentah.

“Hilirisasi mineral dan ekspor barang-barang olahan hasil tambang akan terus kita tingkatkan. Dan bolak-balik saya sampaikan setelah nikel akan kita stop bauksit akan itu stop, tembaga akan kita stop untuk tidak di, timah akan kita stop emas akan kita stop untuk tidak diekspor dalam bentuk raw material atau bahan mentah,” paparnya.

Baca Juga: Jokowi Kantongi Nama Calon Pimpinan Ibu Kota Baru, Ahok?

Jokowi juga mengatakan akan terus menambah kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus (KEK). Penambahan ini diharapkan dapat melahirkan pertumbuhan ekonomi baru.

“Dan pembangunan berbagai kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus juga akan terus kita tambah, kita tingkatkan. Dan diharapkan dapat menjadi sumber pertumbuhan baru, meningkatkan ekspor manufaktur dan menciptakan nilai tambah bagi perekonomian kita,” ungkapnya.

Disisi lain dia mengatakan bahwa kebijakan reformasi struktural akan terus dilanjutkan dengan berfokus pada pembangunan ekonomi berbasis environmental sosial dan governance. Termasuk terus mendorong transformasi teknologi dan digitalisasi dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya mengharapkan dukungan dari sektor dan industri jasa keuangan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan mensukseskan agenda reformasi struktural tersebut,” pungkasnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close