News

Rekam Jejak Ova Emilia, Rektor UGM yang Baru Terpilih dari Fakultas Kedokteran

Suara.com – Prof dr Ova Emilia, MMed, Ed, SpOG (K), Phd terpilih menjadi Rektor ke-17 Universitas Gadja Mada (UGM). Diketahui Ova menjadi wanita kedua yang menjabat sebagai rektor dalam sejarah UGM.

Ova Emilia terpilih dalam Pemilihan dan Penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM yang digelar di Balai Senat UGM pada Jumat (20/5/2022) kemarin. Ia berhasil mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Prof Bambang Agus Kironoto dan prof Deendarlianto. 

Jabatan Ova Emilia sebagai Rektor UGM ini berlaku dalam periode 2022-2027.

“Calon rektor terpilih adalah Prof Ova Emilia,” terang Ketua MWA UGM, Prof Pratikno seperti dikutip dari laman ugm.ac.id. Siapa sebenarnya Ova Emilia? Simak langsung profil Ova Emilia, rektor wanita kedua UGM berikut ini.

Baca Juga:
Profil Terbaru Ova Emilia, Rektor Baru UGM Periode 2022-2027

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan

Ova Emilia (Instagram/@ovaemi)
Ova Emilia (Instagram/@ovaemi)

Prof Ova Emilia merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM. Ia juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM sejak 2016.

Ova Emilia menamatkan pendidikan sarjana di UGM pada tahun 1987 kemudian melanjutkan studi S2 di University of Dundee, Skotlandia pada tahun 1990. Ia lalu menempuh pendidikan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di UGM pada 1996-2000 kemudian S3 Clinical Teaching di University of New South Wales Wales dan pendidikan dokter subspesialis di UGM pada 2009.

Sosok Wanita Kedua Yang Jabat Rektor Dalam Sejarah UGM

Ova Emilia (Instagram/@ovaemi)
Ova Emilia (Instagram/@ovaemi)

Selain jadi Dekan, Ova Emilia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia sejak tahun 2018. Ia pun pernah menerima penghargaan di antaranya First Prize For Young Gynecologist Award tahun 1998 dan SIDA Award tahun 2006.

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini punya berbagai pengalaman menulis buku dan jurnal internasional serta pengalaman membangun inovasi, advokasi dan kebijakan. Sebagai contoh pada 2012-2020, Ova membentuk kurikulum bagi dokter untuk pelayanan KB yang menjadi model pelatihan yang diangkat secara nasional dan diterapkan di Fakultas Kedokteran di Indonesia.

Sementara itu Ova Emilia menjadi orang ketiga dari Fakultas Kedokteran yang menjabat sebagai Rektor UGM. Diketahui dua Rektor UGM lainnya yang berasal dari Fakultas Kedokteran adalah Prof Dr M Sardjito (1949-1961) yang menjadi Rektor UGM pertama dan Prof Dr Teuku Jacob, MS, DS (1981-1986).

Baca Juga:
Terpilih Sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027, Ova: Enggak Kebayang

Dalam sejarah UGM, baru dua kali rektor dijabat oleh seorang wanita. Rektor wanita pertama UGM adalah Prof Ir Dwikora Karnawati, MSc, PhD (2014-2017) yang berasal dari Fakultas Teknik.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close