Rencana Pembentukan BLU Batu Bara, Begini Kata Pengusaha : Okezone Economy

JAKARTA – Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) Batu Bara masih belum dapat dilakukan. Hingga kini masih terdapat perdebatan terkait kekuatan hukumnya.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI pada pekan lalu, Arifin membeberkan saat ini pembentukan BLU belum mendapatkan izin prakasa. Sebab, masih terjadi perdebatan antara akan dilindungi dengan Peraturan Pemerintah atau langsung Peraturan Presiden.

Dalam penjelasan tambahan dibeberkan nantinya skema penghimpunan dan penyaluran dana kompensasi DMO diatur dengan seksama. Dia menjelaskan pengguna batu bara di dalam negeri menyampaikan laporan rencana batu bara untuk satu tahun yang direview setiap tiga bulan.

Sementara itu, Head of Corporate Communication Adaro Energy, Febriati Nadira mengatakan bahwa perusahaan senantiasa menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) kami selalu taat dan siap mengikuti peraturan perundang-undangan yang dipersyaratkan.

“Kami yakin bahwa peraturan yang ditetapkan akan senantiasa mempertimbangkan aspek konservasi cadangan batubara,” kata Nadira saat dihubungi MNC Portal, Jumat (19/8/2022).

Nadira menambahkan bahwa Indonesia merupakan negara tujuan penjualan yang utama dan merupakan prioritas Adaro. Selama 12 bulan terakhir, penjualan ke Indonesia meliputi 25% dari total penjualan batu bara Adaro.

“Perusahaan tetap menargetkan untuk menyumbangkan 25-27% penjualan ke pasar domestik di Indonesia,” kata Nadira.

Source link

Rencana Pembentukan BLU Batu Bara, Begini Kata Pengusaha : Okezone Economy

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top