News

Simak Perbedaan Ciri Ruam Cacar Monyet dengan Ruam Lainnya di Sini!

Suara.com – Cacar monyet menjadi isu kesehatan baru yang tidak boleh dikesampingkan. Penyakit ini senantiasa mengancam, dan meningkatkan risiko kesehatan. Maka dari itu Anda wajib paham benar perbedaan ciri ruam cacar monyet dengan ruam lainnya yang ada di artikel ini.

Ruam sendiri merupakan salah satu gejala yang muncul saat seseorang terkena cacar monyet. Namun demikian, ruam yang dimunculkan cacar monyet terbilang berbeda dengan ruam pada umumnya.

Ruam pada Cacar Monyet

Ruam yang muncul akibat cacar monyet ditandai dengan perubahan pada kulit, berupa bercak kemerahan atau luka seperti melepuh. Kemunculannya terjadi antara 3 hingga 4 hari pasca demam, dan idealnya dapat sembuh sendiri dalam waktu 2 hingga 4 minggu.

Baca Juga:
Bedanya Gejala Penyakit yang Mirip Monkeypox alias Clade Virus

Meski demikian penyembuhan ini disertai efek samping yang dinilai kurang nyaman pada penderitanya.

Gejala cacar monyet mirip sekali dengan flu biasa. Mulai dari demam, rasa kedinginan, kelelahan, hingga lemas dan nyeri tubuh. Gejala ini ditandai dengan ciri khas pembengkakan kelenjar getah bening dan munculnya ruam, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Ruam cacar monyet sendiri berwarna merah, berupa benjolan datar, terasa sakit, dan berisi cairan putih. Pertama akan muncul di area wajah, dan terus menyebar di bagian tubuh atas.

Ruam Biasa

Lalu apa bedanya dengan ruam biasa?

Baca Juga:
WHO Ganti Nama Cacar Monyet Menjadi Clade

Ruam biasa bisa saja terjadi di berbagai area tubuh, tidak harus dimulai dari tubuh bagian atas. Tampilannya juga berbeda, hanya sekedar bengkak, gatal, atau iritasi pada kulit tanpa sensasi terbakar atau melepuh.

Penyebab dari ruam biasa juga beragam, mulai dari terbakar sinar matahari terik, kemudian karena menurunnya kelembaban, terkena kutu atau tungau, hingga infeksi, alergen, dan terjadinya gangguan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan pada beberapa kasus, ruam bisa disebabkan oleh kesalahan konsumsi obat, atau efek sampingnya.

Setidaknya dengan penjelasan singkat di atas, dapat diketahui perbedaan ciri ruam cacar monyet dengan ruam lainnya. Dengan begini Anda bisa mendeteksi dengan cepat manakala ruam yang terjadi dipicu oleh cacar monyet, dan segera memberikan penanganan efektif. Semoga artikel ini berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.