News

Syarat Refund Tiket Kereta ketika Perjalanan Dibatalkan, Simak di Sini : Okezone Economy

JAKARTAPT Kereta Api (Persero) menjamin penggantian biaya tiket 100% bila calon penumpang tidak dapat memenuhi persyaratan terkait kondisi kesehatan dan kelengkapan vaksin yang menjadi syarat perjalanan.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan , untuk calon penumpang juga bisa melakukan perubahan jadwal sesuai ketersediaan tiket jika memerlukan waktu untuk memenuhi persyaratan seperti belum melakukan antigen atau PCR dan belum Vaksin dosis kedua untuk usia diatas 17 tahun.

“Calon penumpang yang tidak dapat memenuhi persyaratan terkait kondisi kesehatan dan kelengkapan vaksin maka perjalanan akan dibatalkan dengan penggantian biaya tiket 100%,” Kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan resmi, Rabu (29/12/2021)

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Operasional Kereta Api Bagaimana?

PT KAI mengatakan untuk kriteria penumpang dengan penggantian biaya tiket 100% jika perjalanan dibatalkan adalah sebagai berikut : 

1. Vaksin Tidak Lengkap.

2. Hasil pemeriksaan positif atau belum melakukan pemeriksaan Antigen/PCR untuk usia 12 tahun ke atas.

3. Tidak Memiliki PCR untuk Penumpang Anak dibawah 12 tahun.

Baca Juga: Aturan Ketat Naik Kereta Api Selama Nataru, Anak Kecil Wajib PCR

4. Suhu tubuh diatas 37,3 derajat.

Adapun berikut ketentuan pembatalan tiket dengan penggantian 100%:

1. Proses pembatalan dapat dilakukan selambatnya 3 hari kedepan (H+3) dari jadwal keberangkatan.

2. Pembatalan dilakukan di loket stasiun atau Contact Center (CC) 121.

3. Untuk pembatalan di loket bea tiket dikembalikan secara tunai.

4. Untuk Pembatalan melalui CC 121 bea tiket dikembalikan melalui sistem transfer bank dengan proses 14 hari.

Dengan demikian, PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada pelanggan yang akan melakukan perjalanan menggunakan jasa KA pada periode 24 Desember 2021 sd 2 Januari 2022 agar memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan.

“Pada masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terdapat ketentuan baru yang tertuang dalam SE Kemenhub No 112 Tahun 2021 yang berlaku tanggal 24 Desember 2021 sd 2 Januari 2022,” tambahnya.

PT KAI memastikan sejak diberlakukan aturan tersebut Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang berangkat telah memenuhi persyaratan dan dalam kondisi sehat.

“Selain sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dari sisi berkas, penumpang juga akan diukur suhu tubuh saat pengecekan tiket. Jika suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka penumpang tidak diizinkan berangkat meskipun berkas persyaratan vaksin dan pemeriksaan Covid 19 telah lengkap,” pungkasnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.