News

Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Ikut Upacara HUT RI di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki

PURWOKERTO.SUARA.COM, SUKOHARJO – Ada pemandangan tak biasa di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki pada momen Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pondok ini menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan dihadiri Ustas Abu Bakar Ba’asyir, Rabu (17/8/2022).

Dalam upacara tersebut, hadi pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, yang bertugas menjadi Inspektur Upacara.

Ada juga Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirudin, didampingi Dandim 0726 Letnan Kolonel Czi Slamet Riyadi, dan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menghadiri kegiatan tersebut.

Ustaz Abu Bakar Ba’asyir ampak khidmat mengikuti upacara tersebut dari atas kursi roda. Ia menyimak setiap prosesi upacara.

Baca Juga:Gus Muwafiq Marah Joko Tingkir Mbahnya Gusdur Dibuat Lagu, Minta Banser Turun Tangan

Direktur Ponpes Al Mukmin Ngruki, Ustaz Yahya Abdur Rohman, menjelaskan Upacara HUT Kemerdekaan RI Tahun 2022 di Ponpes Al Mukmin Ngruki ini merupakan inisiatif Dandim 0726 dan Kapolres Sukoharjo.  

“Dengan dukungan dari pak Dandim dan Kapolres Sukoharjo, kita selenggarakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 ini dengan besar. Kita libatkan sebanyak 600 santri Ponpes Al Mukmin untuk mengikuti upacara ini,” jelasnya.
 
“Kita buktikan kepada dunia luar, bahwa Pondok Pesantren Al mukmin Ngruki bukan anti NKRI,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, mengungkapkan bahwa waktu persiapan upacara di Ponoes Am Mukmin Ngruki dilakukan selama 4 hari. Dimana petugas upacara dilatih secara intensif oleh personil dari Kodim 0726 dan Polres Sukoharjo. 

“Kami dari Kodim 0726 dan Polres Sukoharjo berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini, intinya kita ingin merubah stigma negatif tentang Pondok Al Mukmin Ngruki ini. Karena Ponpes ini adalah bagian dari NKRI,” terang Letkol Czi Slamet Riyadi.

“Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Ponpes Al Mukmin Ngruki sendiri diikuti oleh 600 orang santri yangmana selama 4 hari ini telah mengikuti serangkaian gladi upacara,” imbuhnya.

Baca Juga:Siapa Penyanyi Tiktok Cilik Farel Prayoga hingga Diundang ke Istana

Hal senada disampaikan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. Dimana Ia berharap melalui penyelenggaraan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia  ini dapat menanamkan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan kepada para santri agar dapat semakin baik.

“Dengan pelaksanaan Upacara peringatan 17 Agustus ini, diharapkan stigma negatif tentang Pondok Al Mukmin Ngruki dapat berubah. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme kepada para santri,” tandasnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.