News

Warna Ingus Bisa Gambarkan Kondisi Kesehatan Anda, Ini 6 Jenisnya!

Suara.com – Anda mungkin mengira ingus hanyalah lendir yang keluar dari tubuh melalui hidung. Tubuh bisa menghasilkan lendir ingus ini ketika flu atau pilek dan lainnya.

Umumnya, ingus berwarna putih atau kuning. Tetapi terkadang, warna ingus bisa berbeda-beda dan bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita.

Menurut Penn Medicine, Anda bisa mengetahui warna ingus Anda bisa mengeluarkan dan menampungnya dengan tisu. Berikut ini dilansir dari Daily Star, artis dari setiap warna ingus.

1. Ingus yang jernih

Baca Juga:
Dorong Ibu Atur Jarak Kehamilan, Jokowi Minta Jangan Tiap Tahun Punya Anak

Ingus yang jernih itu pertanda bahwa tubuh baik-baik saja. Pada dasarnya, ingus ini hanyalah lendir yang melakukan tugasnya mencegah iritasi meskipun bisa mengindikasikan reaksi alergi terhadap sesuatu, seperti debu atau serbuk sari.

Ilustrasi flu (freepik.com)
Ilustrasi flu (freepik.com)

2. Ingus berwarna putih

Ingus putih adalah pertanda baik bahwa tubuh Anda bekerja untuk mengeluarkan virus yang masuk ke sinus Anda secara efisien. Sekali lagi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Anda hanya perlu membiarkan tubuh Anda melakukan apa yang perlu dilakukan untuk membuat Anda tetap sehat.

3. Ingus berwarna kuning

Baca Juga:
6 Posisi Seks yang Dapat Memperbesar Peluang Kehamilan, Mau Coba?

Jika ingus Anda berwarna kuning, itu pertanda Anda mungkin terkena flu dan tubuh Anda bekerja keras untuk mengatasi infeksi.

Warna kuning disebabkan oleh sel darah putih mati yang berperan dalam melawan infeksi dan dikeluarkan melalui hidung.

4. Ingus berwarna hijau

Terkadang sel darah putih mati yang keluar melalui hidung Anda bisa lebih condong ke arah hijau daripada kuning.

Hal itu enunjukkan bahwa ada banyak sel darah putih mati di ingus dan tubuh Anda sedang melawan infeksi bakteri daripada pilek biasa.

5. Ingus berwarna merah

Ingus Anda bisa berubah menjadi merah atau merah muda jika bercampur dengan darah, kemungkinan besar disebabkan oleh jaringan yang rusak di dalam hidung Anda.

Kondisi ini bisa terjadi ketika Anda meniup hidung terlalu banyak atau terlalu keras, atau hanya dengan udara kering.

6. Ingus berwarna oranye

Saat ingus Anda berwarna cokelat atau oranye, mungkin sudah saatnya Anda mulai sedikit khawatir. Kondisi ini bisa jadi gejala bronkitis, yaitu infeksi saluran udara utama paru-paru (bronkus) yang iritasi dan meradang.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.